TMMD Ke-110 Kodim 1608/Bima Terpusat di Kecamatan Monta, Upacara Pembukaan Digelar di Kantor Pemkab Bima

  Wabup Dahlan menyerahkan Naskah TMMD kepada Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal. AKTUALITA.INFO , BIMA – Kegiatan TNI Manungg...

 

Wabup Dahlan menyerahkan Naskah TMMD kepada Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal.

AKTUALITA.INFO, BIMA – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1608/Bima, akan berlangsung di Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Salah satu wujud bhakti TNI tersebut dipusatkan di Desa Nonto Tera, Desa Waro dan Desa Tolo Uwi, selama 30 hari.

Upacara pembukaan TMMD ke-100 Kodim 1608/Bima, dilaksanakan di Aula Sidang Utama Kantor Bupati Bima, Selasa (2/3). Dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer. TMMD tahun ini mengusung tema, TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.

Upacara pembukan berlangsung dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19. Dihadiri Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono, Kapolres Bima AKBP Gunawan Trihatmoyo, Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima Haris Tewa, SH.MH, Kajari Bima Suroto SH MH, Dan Sub Pom Bima Kapten Cpm Fajar Wawan, Seluruh jajaran Danramil Kodim 1608/Bima, Danyonif 742 yang diwakili Letda Inf Ruslin, serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wabup Dahlan mengaku bangga TMMD dilaksanakan di Wilayah Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Sebelumnya, TMMD berlangsung di Kecamatan Lambu.

TMMD yang dilakukan tahun 2021 kata dia, harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Demikian pula anggarannya, juga harus lebih tinggi. “Kita Jangan kalah dengan daerah-daerah lain,” katanya.

Menurut Wabup, kegiatan TMMD harus rutin dilaksanakan setiap tahun untuk kemakmuran dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Bima. Wabup akan memberi saran pada bupati untuk selalu bekerjasama dengan TNI, demi keberlangsungan pembangunan Bima Ramah Jilid II.

"Semoga kedepan kita bersama dengan TNI bisa meminimalisir tingkat kriminalitas terhadap warga kita," ucap Wabup dua periode ini.

Diharapkannya, keberlanjutan TMMD tetap dilakukan untuk kebaikan masyarakat. Terutama yang berkaitan dengan program fisik, seperti pelestarian hutan dengan reboisasi. Selain itu, kegiatan sosial seperti penyuluhan dan pemberantasan bahaya Narkoba.

“TNI harus mengajak Polres untuk mendukung kegiatan TMMD, dan mengajak masyarakat agar jiwa gotong royong mereka bisa tumbuh dan mengakar kembali,” saran Wabup.

Sementara itu, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal menjelaskan, TMMD mengacu pada Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang penentuan APBD, dan Perbup Nomor 42 tahun 2020 tentang penjabaran APBD tahun 2021.

Sasaran TMMD ke-100 adalah pekerjaan jalan tani, deker dan bak tempat wudhu yang ada di Desa Nonto Tera, Desa Waro dan Desa Tolouwi Kecamatan Monta. “Kegiatannya sudah dimulai sejak pra TMMD pada akhir Februari kemarin,” ujarnya.

Dandim mengatakan, kegiatan TMMD akan berlangsung hingga 30 hari kedepan. Selain pekerjaan fisik, pihaknya akan menggelar sosialisasi tentang Prokes Covid-19 dan vaksisinasi, hingga penyuluhan hukum dan bahaya Narkoba.

Kegiatan lainnya yakni, penyuluhan tentang penghijauan lahan dan hutan, serta penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara. Ada juga pelayanan Posyandu dan KB, serta Pospindu PTM atau Penyakit Tidak Menular," sebutnya.

Upacara pembukaan TMMD ke-110, diakhiri dengan penandatanganan naskah TMMD oleh Wabup dan Dandim. Naskah tersebut kemudian diserahkan Wabup kepada Dandim 1608/Bima.

Baca juga: Pra TMMD ke-110, Kodim 1608/Bima Rehab Masjid dan Bangun Sejumlah Fasilitas di Tiga Desa

[akt.01]

Related

Ragam 3542391323971458666

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item