Tradisi "Mbenggo" di Hu'u Dompu, Dari Reinkarnasi sampai Masalah Birahi

Masyarakat Desa Hu'u saat menangkap Mbenggo di pinggir laut sekitar Pantai Lakey Dompu. [yani] AKTUALITA.INFO , Dompu - Mbenggo ,...

Masyarakat Desa Hu'u saat menangkap Mbenggo di pinggir laut sekitar Pantai Lakey Dompu. [yani]

AKTUALITA.INFO, Dompu - Mbenggo, adalah semacam hewan laut yg menyerupai cacing. Dia muncul di tempat-tempat tertentu di pantai Hu’u. Masih sekitar pantai Lakey dan Nanga Romba, Desa Hu’u, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Kemunculan Mbenggo diyakini oleh masyarakat Hu`u bahkan umumnya masyarakat Dompu adalah bentuk reinkarnasi dari Vifa Kafirly. Vifa Kafirly adalah putri tunggal dari Raja Puma, yang menurut catatan sejarah adalah seorang raja yang mendiami sekitar wilayah Kecamatan Hu’u.

Putri tunggal Raja tersebut kala itu menjadi rebutan dua orang Galara atau semacam Kepala Desa saat ini, yakni antara Galara La Tafa dan Galara La Luma.

Inilah Mbenggo hasil tangkapan warga
Viva Kafirly dalam perjodohannya akan disandingkan dengan La Tafa, namun perjodohan tersebut bertentangan dengan perasaannya, dimana sang putri lebih mencintai La Luma. Namun, titah sang ayah tetap memaksakan perjodohan itu.

Ahirnya dia pun melarikan diri meninggalkan istana Puma dan menghilang tidak ditemukan lagi. Masyarakat tempo dulu mengatakan bahwa Viva Kafirly terjun dari Wadu (Batu) Kawentu ke arah laut.

Kisah Viva Kafirly kemudian keyakinan masyarakat yang muncul dalam bentuk Mbenggo, dijadikan tradisi yang sudah berusia ratusan tahun oleh masyarakat Hu’u. Dimana tradisi tersebut dinamakan Condo Mbenggo. Condo berarti mengambil (Mbenggo) dari pinggiran pantai dengan menggunakan jala.

Tradisi ini dilaksanakan sekali dalam setahun, dimana tepatnya dilakukan dihari ke-18 dan 19 bulan Jumadil Ula kalender Hijriyah atau tanggal 13 dan 14 Februari 2017.

Keluarnya Mbenggo ditandai dengan ciri-ciri alam, seperti akan adanya gempa berskala ringan, diselimuti cuaca mendung yang berkepanjangan. Selain itu, dimalam hari terjadi gerimis dan petir.
Keyakinan lain tentang Mbenggo adalah makanan yang dapat menyuburkan kandungan dan penambah hormon.

Keyakinan tersebut terjawab saat mengkonsumsi Mbenggo. Dirasakan dapat memberikan stamina dalam berhubungan badan, dimana ada keinginan yang besar untuk terus menerus berhubungan badan dengan istri, ungkap H. A. Masjid, dilokasi kegiatan. Ditambahkannya, terbukti masyarakat disini memiliki banyak anak dan punya istri lebih dari satu.

[yani/*]

Related

Headline 1791325203119646060

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item