Pra TMMD ke-110, Kodim 1608/Bima Rehab Masjid dan Bangun Sejumlah Fasilitas di Tiga Desa

  Prajurit TNI bersama masyarakat sedang mambangun fasilitas pendukung masjid. AKTUALITA.INFO , BIMA – Menjelang kegiatan Tentara Manungga...

 

Prajurit TNI bersama masyarakat sedang mambangun fasilitas pendukung masjid.

AKTUALITA.INFO, BIMA – Menjelang kegiatan Tentara Manunggal Membangunn Desa (TMMD) ke-110, Kodim 1608/Bima melaksanakan sejumlah kegiatan fisik dan non-fisik pada tiga desa di wilayah Monta Dalam, Kamis (25/2). Yakni, Desa Nonto Tera, Desa Waro dan Desa Tolo Uwi Kecamatan Monta, Kabupaten Bima.

Komandan Kodim (Dandim) 1608/Bima, Letnan Kolonel Infanteri Teuku Mustafa Kamal menjelaskan, kegiatan Pra TMMD kali ini, dilaksanakan pada desa yang disebut wilayah zona merah. Yakni, desa yang kerap terlibat bentrokan komunal, seperti tiga desa tersebut.

“Kegiatan fisiknya merehab sejumlah masjid serta fasilitas lain pada sejumlah perkampungan. Sedangkan kegiatan non-fisik berupa sosialisasi dan penyuluhan,” jelasnya, Kamis sore.

Kegiatan itu lanjut prajurit asal Aceh ini, sebagai Pra TMMD Reguler ke-110. Dimulai dari membangun Pospam Terpadu di Desa Nonto Tera dan pembangunan fasilitas Masjid Nurul Hidayah di Desa Waro.

Pada masjid tersebut kata dia, dibangun bak tempat wudhu dan toilet. Pihaknya juga membangun jalan tani dan lima unit deker. Masih dalam proses semua," katanya.

Selain di Desa Waro, pihaknya juga mengaku membangun fasilitas Masjid Al-Muttaqin Desa Tolo Uwi. Yakni pemasangan keramik, pemasangan daun pintu, pemasangan daun jendela hingga memplester tembok induk masjid.

Sementara pada kegiatan non-fisik, Kodim 1608/Bima memberikan sosialisasi dan penyuluhan pada masyarakat. Tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum yang melibatkan Kejaksaan dan sosialisasi bahaya Narkoba yang melibatkan BNNK Bima.

"Kita juga melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dalam sosialisasi Covid-19 dan menggelar rapid antigen, sosialisasi stunting dengan BKKBN, Bazar dari Bulog Cabang Bima dan Disperindag serta pembuatan dan perpanjangan SIM dari Polres Bima," ungkap Dandim.

Dalam kegiatan Pra TMMD ini, Kodim 1608/Bima mengerahkan prajurit TNI AD sebanyak 15 orang. Kodim Bima juga melibatkan personel Polres Bima 3 orang, unsur Pemda 3 orang dan masyarakat sebanyak 50 orang.

Diketahui, TMMD adalah salah satu wujud bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Pemda, serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. Bersama rakyat TNI kuat, kekuatan TNI yang sejatinya adalah pada rakyat, karena adanya TNI karena rakyat. Rakyat sejahtera TNI akan kuat, tentunya Negara kuat.

[akt.01]

Related

Ragam 8346552899659462438

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item