Kota Bima Siaga Darurat Covid-19, Kapolres Minta Pemerintah Cek Stok Sembako dan Sediakan APD

Rapat koordinasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di ruangan kerja Kapolres Bima Kota. [akt] AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA-Kapolres ...

Rapat koordinasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di ruangan kerja Kapolres Bima Kota. [akt]

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA-Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono meminta instansi pemerintah terkait untuk mengecek stok sembilan bahan pokok (Sembako), peralatan medis dan alat pelindung diri (APD) guna menunjang kebutuhan masyarakat dalam menghadapi pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal itu disampaikan Kapolres saat memimpin rapat koordinasi untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Bima, menyusul Pemkot Bima menetapkan status darurat siaga bencana non alam kejadian luar biasa Covid-19.

Baca juga: Pemkot Bima Tetapkan Status Siaga Darurat KLB Covid-19 Selama 169 Hari

Rakor dilaksanakan di ruang rapat Kapolres, Senin (23/3). Dihadiri Dandim 1608 Bima, Ketua Pengadilan Negeri Bima, Sekda Kota Bima, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPBD, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Koperindag dan Kabag Ops Polres Bima Kota.

“Agar pihak terkait melakukan pengecekan kaitan dengan stok Sembako dan masker serta alat medis lainnya guna menunjang kebutuhan masayarakat dalam menghadapi virus corona ini,” pinta Kapolres AKBP Haryo Tejo Wicaksono.

Dalam Rakor tersebut, Kapolres juga meminta dilakukan penyemprotan pada setiap kantor pemerintahan dan tempat ibadah. Selain itu, disiapkan sabun cuci tangan yang dilengkapi anti septic, dengan air yang mengalir sebagai bahan untuk mencuci tangan, baik anggota maupun masyarakat yang datang ke kantor untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Saya minta Sekda Kota Bima dapat berkoordinasi dengan Bapak Wali Kota Bima, agar mengeluarkan surat keputusan tentang keterlibatan intansi terkait untuk melakukan pencegahan dan penanganan virus corona,” katanya.

Kepada dinas-dinas terkait, Kapolres berharap dapat menyusun imbauan dan melakukan penyuluhan pada masyarakat terkait cara penanganan virus corona. “Adakan rapat dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama serta MUI kecamatan masing-masing dalam menidaklnjuti arahan tentang ibadah shalat berjamaah,” tuturnya.

Tak lupa Kapolres meminta agar disiapkan posko untuk penanganan dan pencegahan virus Covid-19. Dinas Perhubungan diminta untuk mengecek setiap kendaraan yang masuk melalui pelabuhan laut maupun udara. “Ini semua kita lakukan demi pencegahan penyebaran coronavirus di Kota Bima, sehingga masyarakat dan kita semua merasa aman,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1608 Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal menyampaikan pihaknya akan segera melakukan kegiatan simulasi dalam rangka penanganan dan pencegahan Visur Corona. Simulasi tersebut merupakan langkah-langkah penanganan apabila menemukan adanya masyarakat yang terdeteksi virus corona. “Sehingga cepat dilakukan tindakan medis,” katanya.

Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima Harris Tewa mengatakan, pihaknya akan menyiapkan handsanitizer yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Mengingat di pengadilan setempat, sangat banyak masyarakat yang beraktifitas.

“Saat ini kami juga terkendala dengan banyaknya tahanan yang dilakukan persidangan, sehingga proses persidangan membutuhkan waktu lama hingga malam,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima Drs H Azhari menyampaikan, perlengkapan medis dan APD di dinas setempat masih minim. Mereka meminta TNI dan Polri untuk menyosialisasi dan mengimbau masyarakat terkait bahaya dan pencegahan Covid-19. Karena TNI dan Polri lebih di dengar oleh masyarakat

“Kami tetap melakukan penyemprotan di setiap kantor-kantor pemerintahan. Dan kami tetap melakukan koordinasi dengan pihak BPBD kaitan dengan penanganan virus Corona,” katanya.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 1178740340357480316

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item