Pencanangan Car Free Day "Jalan Kembar" Meriah, Bupati: Kita Bebas dari Polusi

Bupati Bima dan FKPD melepas balon udara sebagai simbol pencanangan car free day di jalan kembar Panda . [akt/ist] AKTUALITA.INFO ,...

Bupati Bima dan FKPD melepas balon udara sebagai simbol pencanangan car free day di jalan kembar Panda . [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, Bima – Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, mencanangkan jalan dua arah di kawasan pantai Desa Panda, Kecamatan Palibelo, sebagai kawasan bebas dari kendaraan bermotor (car free day) pada setiap hari Minggu.

Pencanangan car free day, Minggu pagi, 14 Oktober 2018, dihadiri Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M.Noer, Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo SIK., Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Made Winarta, SIK., dan Dandim 1608 Bima, Letkol Bambang Kurnia Eka Putra, para Kepala OPD, dan masyarakat. Dalam acara tersebut bupati melepaskan balon ke udara sebagai simbol dimulainya car free day tahun ini.


Bupati berharap kegiatan Car Free Day ke depan bisa dilanjutkan oleh masyarakat. Kawasan tersebut akan menjadi ruang sehat terbuka bagi masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Bima. “Dengan Car Free Day, berarti pada jalur itu setiap hari Minggu pada jam tertentu akan bebas dari polusi, asap kendaraan yang melintas,” katanya.

Bupati juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan. Ia berharap sampah yang ada saat car free day bisa dipungut dan dikantungi, tidak dibuang sembarangan sehingga menyisakan pemandangan yang tidak elok di kawasan itu.

Menurut bupati, transportasi sehat merakyat selain memberikan dampak berkurangnya polusi udara, juga berdampak pada kesehatan pribadi pengguna. "Dari segi kesehatan, bersepeda itu merupakan olahraga yang bagus untuk tubuh. Sisi lain, udara kita bersih karena berkurangnya asap kendaraan yang digunakan," terangnya.

“Pemda jadikan jalan baru ini sebagai lokasi car free day. Pelaksanaannya dimulai secara resmi hari ini, seterusnya mulai pukul 06.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita,” lanjutnya.

Sementara, Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo mengatakan car free day bisa menjadikan semua lebih sehat dalam beraktifitas dan lebih sehat dalam berfikir. “Kegiatan ini bisa menjadikan olah raga sebagai kebiasaan dan mulai menggelorakan aktifitas sehari-hari dengan menggunakan transportasi sehat merakyat,” ujarnya.

Bagus menuturkan tujuan dari sejumlah rangkaian acara yang ditampilkan pada kegiatan car free day, semata-mata untuk memikat. Harapannya, agar masyarakat mengetahui bahwa saat ini Kabupaten Bima memiliki lokasi car free day yang bisa digunakan utuk berolahraga, dan memberikan ruang kepada masyarakat utuk berekspresi menampilkan keterampilan dan kemampuan lainnya.

Selama kegiatan car free day berlangsung, banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk bersantai dengan keluarga, bermain skate board, dan banyak yang berolahraga. Mulai dari senam, lari, bersepeda maupun jalan sehat. Untuk itu Bagus mengimbau masyarakat bisa memanfaatkan momen itu dengan baik. “Mari kita berolahraga, karena dengan berolahraga kita bisa berteman, memperoleh informasi, dan bisa hidup rukun. Tidak semata-mata untuk mengejar prestasi,” pungkasnya.

Pantauan lapangan, ribuan warga antusias mengikuti senam bersama setelah seremonial car free day dilaksanakan. Pihak Polres Bima juga mengajak semua tamu undangan dan warga yang ada di lokasi untuk berjoget bersama.

Menambah semarak kegiatan, Kasat Lantas IPTU Putu Gde Caka SIK menyiapkan acara hiburan atraksi (fresstyle) dari club motor, atraksi skate board dari anggota Sat Lantas, dan undian berhadiah. Untuk diketahui, car free day ini dilandasi Sat Lantas Polres Bima.

[akt.01]

Related

Ragam 7093936809792596634

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item