Ini Rencana Pembangunan Kota Bima Tahun 2017

Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, memaparkan rencana pembangunan kota tahun 2017. AKTUALITA.INFO , Kota Bima – Wali Kota Bima HM Qu...

Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, memaparkan rencana pembangunan kota tahun 2017.

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Wali Kota Bima HM Qurais H Abidin, memaparkan rencana pembangunan kota tahun 2017. Ada 11 aspek pembangunan yang dipaparkannya dalam Sidang Paripurna DPRD tentang rancangan ABPD 2017, Rabu (05/10/2016) sore.

Menurut Wali Kota, upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal terus dilakukan. Sebagai wujud tanggungjawab pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskannya, pembangunan kota mengacu pada 11 prioritas pembangunan nasional. Meliputi (1) pendidikan, (2) kesehatan, (3) penanggulangan kemiskinan, (4) ketahanan pangan, (5) infrastruktur, (5) iklim investasi dan usaha, (6) energi, lingkungan hidup dan bencana, (7) kebudayaan, (8) inovasi teknologi, (9) politik, hukum dan keamanan, (10) perekonomian, dan (11) kesejahteraan rakyat.

Disamping itu, lanjut Wali Kota, prioritas pembangunan lain juga disiapkan. Prioritas pembangunan pada bidang prasarana, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Pembangunan dibidang ini meliputi mempercepat penataan kawasan Ni'u, Lawata, Ama Hami, dan Kolo. “Ini dalam rangka pembangunan kota tepian air (water front city),” ujarnya saat menyampaikan penjelasan, dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Bima Feri Sofiyan SH.

Kemudian Optimalisasi pembukaan jalan ekonomi serta rehabilitasi jalan dan jembatan. Percepatan pembangunan sanitasi permukiman. “Peningkatan pengelolaan sumber daya air, pengendalian banjir, peningkatan kondisi jaringan irigasi dan peningkatan ketersediaan air baku. Juga menjadi prioritas pembangunan,” tutur Wali Kota.

Prioritas pembangunan pada bidang sosial budaya juga tidak luput dari perhatian. Diantaranya, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dalam rangka wajib belajar 12 tahun.
Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehat melalui kelurahan siaga. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan tertibadministrasi kependudukan.

Sedangkan pembangunan pada bidang ekonomi, antara lain optimalisasi pembangunan pasar Ama Hami, memfasilitasi pengembangan kewirausahaan, dan keunggulan kompetitif UMKM. “Kemudian dilakukan juga meningkatkan ketersediaan pangan. Kelancaran distribusi pangan dan mengoptimalkan sistem pengamanan pangan,” pungkas Wali Kota.

[dien]

Related

Pemerintahan 2593864362865670007

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item