Kantor Pertanahan Kota Bima Rakor Program PTSL Bersama Lurah Penerima Manfaat

Suasana Rakor Program PTSL. Aktualita, Kota Bima - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kota Bima menggelar Rapat Koordinasi Pe...

Suasana Rakor Program PTSL.

Aktualita, Kota Bima - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kota Bima menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Strategis Nasional Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) Tahun 2022, Rabu, 3 Agustus 2022.

Rakor bersama Lurah penerima manfaat PTSL berlangsung di aula kantor setempat dan dihadiri 9 Lurah pada tiga kecamatan di Kota Bima.

Ketua Tim 1 PTSL 2022, Zakariah A.Ptnh dalam pengantarnya mengatakan, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan.

PTSL merupakan program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis. "Tujuan PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari," katanya.

Plt. Kepala BPN Kantor Pertanahan Kota Bima, Putu Juni Swasta, S.SiT., menjelaskan, pelaksanaan program PTSL menjadi inisiatif dari pemerintah, mengingat bahwa proses lambannya pembuatan sertifikat tanah sering kali menimbulkan masalah. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN membuka Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

"Dalam pelaksanaan PTSL ini kita bukan hanya mengejar target untuk penerbitan sertifikat saja, tetapi juga kualitas data terkait bidang tanah yang tercakup di kelurahan," katanya.

"Kita lengkapi kualitas data yang mana data-data bidang tanah yang belum terdaftar kita validasi, sehingga kita bisa minimalisir permasalahan yang terjadi," sambung Putu Juni.

Pada wilayah masing-masing, Lurah memiliki kewenangan dalam mengeluarkan keterangan tanah, sporadik dan lainnya. Dalam Rakor ini untuk para Lurah akan lebih aman jika bekerjasama, sehingga terhindar dari masalah. 'Karena saat ini sedikit-sedikit terhembus mavia tanah," tandasnya.

Putu Juni menyebut, Program PTSL di tahun ini ada 9 kelurahan. Harapannya bisa tercapai kualitasnya dan bisa diwujudkan dalam waktu yang ditentukan. "Ini semua tergantung dari peran Lurah karena petugas kami tidak mengetahui di lapangan," ujarnya.

Putu Juni meminta Lurah untuk mendukung petugas dalam Program PTSL. "Posisi kita di Kota Bima dari kualitas dan kuantitas, progresnya rendah. Mari kita bekerjasama menyukseskan program PTSL tahun ini," imbuhnya.

Putu Juni menambahkan, program PTSL pada akhirnya mampu menyajikan data lengkap di kelurahan sehingga Lurah nanti bisa update data dengan lengkap.

[akt.02]


Related

Pemerintahan 6764567447471833265

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item