Kodim Bima Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan Pelajar SMAN 2 Woha

Kodim 1608/Bima melalui Koramil 1608/Woha melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada siswa SMAN 2 Woha. AKTUALITA.INFO , BIMA - Ko...

Kodim 1608/Bima melalui Koramil 1608/Woha melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada siswa SMAN 2 Woha.

AKTUALITA.INFO, BIMA - Kodim 1608/Bima melalui Koramil 1608/Woha melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan dengan sasaran pelajar SMAN 2 Woha. Sosialisasi dengan tema Pemahaman Bela Negara tersebut dilaksanakan di Desa Kalampa Kecamatan Woha, Senin (20/07).

Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme dan karakter bangsa yang tinggi kepada pelajar. Karena saat ini kata dia, jiwa dan karakter tersebut telah memudar seiring dengan arus globalisasi yang masuk ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Realitasnya demikian, untuk itu kami sedang melakukan upaya peningkatan kembali pemahaman wawasan bernegara kepada generasi muda,” katanya.

Pria asal Aceh ini berharap, melalui sosialisasi tersebut mampu membentuk generasi muda lebih peka terhadap nasionalismne dan wawasan kerbangsaan. Sehingga kata dia, dapat lebih proaktif dalam berbagai kegiatan positif di tengah kehidupan dan lingkungannya masing-masing.

“Dengan begitu generasi muda kita tidak terlibat pada hal-hal yang merusak masa depannya. Generasi muda harus disadarkan dan generasi muda harus dididik untuk lebih mencintai bangsa ini," pungkas pengganti Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra ini.

Materi sosialisasi wawasan kebangsaan disampaikan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Keli dan Kalampa Sertu Agus Budi R dan Sertu Surya.

Kepada siswa dan siswi SMAN 2 Woha, Babinsa Keli Sertu Agus menjelaskan, Bela Negara adalah sikap dan perilaku Warga Negara dalam mencintai NKRI, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara seutuhnya.

Sedangkan tujuan dari bela negara, sambung Babinsa Kalampa Sertu Surya, yakni membentuk sikap disiplin waktu, aktifitas dan kegiatan lain. Membentuk jiwa kerjasama solidaritas antar sesama rekan seperjuangan.

Kemudian kata dia, membentuk fisik yang tungguh dan menanamkan rasa kecintaan kepada tanah air dan patriotesme sesuai dengan kemampuan diri, melatih jiwa dalam prinsip memimpin diri sendiri ataupun kelompok.

Selanjutnya membentuk iman dan takwa pada agama yang dianut, berbakti kepada orangtua, bangsa dan agama. Melatih kecepatan, ketangkasan dalam melaksanakan kegiatan, menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois dan tidak disiplin.

"Dengan demikian siswa dan siswi dapat memahami dan mengerti apa yang dimaksud dengan wawasan bela negara," pungkas Sertu Surya.

Sertu Agus menambahkan, kegiatan yang dimulai pukul 08.30 Wita tersebut hasil kerjasama Kodim 1608/Bima dengan pihak SMAN 2 Woha.

"Selain siswa, sosialisasi juga diikuti anggota Koramil 1608/Woha dan para guru pendamping," katanya.

[akt.01]

Related

Pendidikan 7981633080954774010

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item