Peran Perempuan Dalam Pembangunan Sangat Panting dan Strategis

Ketua DWP Kabupaten Bima, Hj. Sri Winarni, S.Pd, menyerahkan nasi tumpeng kepada Wakil Bupati Bima dalam acara peringatan Hari Jadi ke-19 ...

Ketua DWP Kabupaten Bima, Hj. Sri Winarni, S.Pd, menyerahkan nasi tumpeng kepada Wakil Bupati Bima dalam acara peringatan Hari Jadi ke-19 DWP Kabupaten Bima. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, BIMA - Wakil Bupati Bima, Dahlan M. Noer, mengatakan peran perempuan dalam aspek pembangunan sangat penting dan strategis. Karena perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas yang ditetapkan yaitu pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

“Untuk itu, program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan untuk Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan lebih diperluas lagi,” katanya saat menyampaikan arahan Hari Jadi ke-19 Dharma Wanita Persatuan Tingkat Kabupaten Bima ke-19 yang dilangsungkan di halaman kantor Bupati Bima, Kamis, 13 Desember 2018.

Menurut Dahlan, kontribusi Dharma Wanita Persatuan dalam turut serta menyelesaikan masalah bangsa, telah masuk dalam program prioritas telah ditetapkan bersama. Yaitu pembinaan pendidikan di lingkungan DWP dan masyarakat, pemberdayaan ekonomi produktif dan Kreatif bagi anggota dan masyarakat, serta implementasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Dengan program prioritas tersebut, jelasnya, Dharma Wanita Persatuan pada semua tingkat kepengurusan bisa ikut aktif dan berperan nyata sebagai motivator lapangan. Selain itu, memberikan advokasi kepada anggota dan masyarakat dalam penyelesaian masalah bangsa secara antisipatif.

Dahlan menuturkan, semua komponen tidak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini. Seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak. Termasuk kekerasan seksual yang terjadi terhadap anak-anak di bawah umur, penyalahgunaan dan peredaran narkoba khususnya di kalangan remaja, sehingga dapat menjadikan kita semua menyadari bahwa peningkatan kualitas dan ketahanan keluarga merupakan salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Apalagi kita melihat tugas bangsa pada masa-masa mendatang yang masih penuh tantangan dalam menyejahterakan masyarakat, maka menjadi tanggungjawab kita bersama untuk dapat mewujudkannya,” tuturnya.

Dikatakannya, ASN sebagai aparat pemerintah yang menjadi pelaksana kebijakan program pemerintah, wajib mempunyai loyalitas dan dedikasi yang tinggi. Peran serta dan partisipasi anggota DWP sebagai isteri dari ASN, sangatlah penting dalam membantu pelaksanaan program-program pemerintah di lapangan, sehingga tujuan dari pembangunan nasional bisa cepat terwujud.

Dahlan mengajak Pengurus dan Anggota DWP Kabupaten Bima untuk bersama-sama meningkatkan kualitas sebagai perempuan. Sehingga dapat menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga, sekaligus meningkatkan kualitas sebagai anggota organisasi istri ASN. “Agar mampu bekerja secara professional dalam menjalankan program kerja secara terintegrasi,” ujarnya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Hari Jadi DWP Kabupaten Bima, Rosmiati H. Soemarsono, keberadaan Dharma Wanita Persatuan merupakan salah satu organisasi perempuan terbesar di Indonesia yang selalu berperan aktif dan mengambil peran strategis dalam pembangunan sesuai dengan visi misi organisasi.

“Maka dari itu Hari Jadi ke-19 DWP Kabupaten Bima ini dalam rangka lebih memperkuat rasa kebersamaan dan bangga terhadap organisasi, serta sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program pemerintah,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi DWP ini yaitu melakukan kunjungan ke lembaga pemasyarakatan, dimana dalam kunjungan tersebut DWP memberikan bantuan serta melakukan siraman rohani. Kegiatan Baksos di desa Pusu Kecamatan Langgudu dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan dan siraman rohani, pemberian bantuan dan penyuluhan tentang bahaya narkoba, kegiatan donor darah, melakukan penghijauan penanaman pohon di sekitar kantor Bupati Bima, mengadakan baksos ke Kecamatan Tambora dalam rangka pembinaan, penyuluhan tentang bahaya narkoba serta pemberian sembako sebanyak 40 Paket.

Peringatan Hari Jadi DWP Kabupaten Bima ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bima, Hj. Sri Winarni, S.Pd, dan diserahkan kepada Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer.

[akt.04]

Related

Ragam 9075598935913883691

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item