Mimpi Anak Desa Menjadi Cerdas Melalui Gemar Makan Ikan

Anak-anak sekolah dasar di Kilo menyantap ikan bakar dalam kegiatan gemar makan ikan. [yani] Lihatlah kawanku, tubuhku sehat dan kuat. ...

Anak-anak sekolah dasar di Kilo menyantap ikan bakar dalam kegiatan gemar makan ikan. [yani]

Lihatlah kawanku, tubuhku sehat dan kuat. Tahukah rahasianya.
Dengarlah bagaimana caranya.
Lautan yang luas.
Sawah, gunung, danau, dan kolam.
Tempat ikan yang kaya.
Untukmu untuk kita semua.
Makanlah ikan setiap hari.
Lele, tuna, nila, atau ikan apa saja.
Jadilah yang terbaik.
Anak sehat dan cerdas.
Karena suka makan ikan.
Makan ikan, makan ikan setiap hari.
Tiada hari tanpa ikan semboyanku.

Lirik lagu "Aku suka makan ikan" di atas dinyanyikan oleh para pelajar Sekolah Dasar Negeri terpenncil di Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Lagu dinyanyikan saat pembukaan pesta "Gemar makan Ikan" di Pantai Nanga To’i, Desa Lasi, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 2 April 2017.

Wajah ceria mereka dibaluti semangat ingin menjadi manusia cerdas, begitu nampak ketika mereka membawakan lagu di atas. Mereka bernyanyi sambil menikmati hidangan ikan bakar dalam acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan, Kabuaten Dompu.

Walaupun di daerah mereka tidak begitu banyak potensi perikanan dan kelautan yang dapat dinikmati, namun keceriaan itu masih ada. Sedikit yang mereka bisa nikmati saat acara tersebut, telah membuka secercah harapan bahwa mereka bisa menjadi generasi yang cerdas dan pintar. “Mereka berkeyakinan bahwa esok masih ada harapan, pemerintah sedang berupaya mewujudkan mimpi kami" mungkin seperti itulah yang terbetik dalam benak mereka.

Gafur bersama teman lainnya, tanpa malu langsung bercengkrama dengan Bupati yang mengajaknya makan ikan bakar, usai mereka unjuk kebolehan bersuara di hadapan para pejabat instansi vertikal dan daerah.

Tak perlu ditanya, mereka memahami bahwa dengan mengonsumsi ikan akan membuat mereka cerdas dan pintar. Ajakan Bupati langsung disambut ceria, mereka tidak mau tahu apakah Bupati dapat menikmati atau tidak, yang penting momentum gemar makan ikan super full mereka manfaatkan. Bukan karena di rumahnya mereka tidak pernah disediakan lauk ikan, namun karena pemahaman dan motivasi yang masih kurang.

Tidak hanya itu, mimpi mereka menjadi orang besar berkat kecerdasan yang akan dimilikinya, untuk saat ini belum terkubur. Mereka masih punya asa, dimana pemerintah terus berupaya mendorong kemajuan pendidikan melalui berbagai aspek.

Duketahui, bahwa kecerdasan kaum pelajar tidak hanya faktor genetika dan atau dilatar belakangi gemar mengonsumsi ikan. Namun ada faktor lain seperti lingkungan sekolah, tenaga pengajar dan faktor ekonomi. Faktor lain itulah yang hingga saat ini masih terus dipacu oleh pemerintah dengan berbagai macam program seperti beasiswa, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, tenaga pengajar yang berkualifikasi serta informasi dan teknologi.

Kegiatan gemar makan ikan yang dicetuskan sekaligus dibuka oleh Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin, adalah bagian lain dari event Festival Pesona Tambora (FPT) ke-202, yang puncaknya jatuh 11 April mendatang.

Baca juga:
Gemar Makan Ikan Semaraki Event FPT
Puluhan Ribu Mayasarakat Dompu Padati Lapangan Beringin
Budaya Kerja Dibalik Saremba Tembe
Dompu Dapat Dua Rekor "Dunia" Muri

[yani/*]

Related

Pendidikan 7237936992227544383

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item