Ini Perkembangan dan Kegiatan Non Fisik TMMD Hari ke-22

Para prajurit TNI sedang membangun gapura yang merupakan pekerjaan tambahan kegiatan TMMD Kodim 1608/Bima. [mrs] AKTUALITA.INFO , Bim...

Para prajurit TNI sedang membangun gapura yang merupakan pekerjaan tambahan kegiatan TMMD Kodim 1608/Bima. [mrs]

AKTUALITA.INFO, Bima – Selain menyelesaikan pekerjaan fisik, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim/1608 Bima melakukan kegiatan non fisik di Desa Darussalam Kecamatan Bolo. Bentuknya, membangun silaturahmi dengan masyarakat, pemuda dan tokoh agama. Silaturahmi dibangun baik di sela-sela kegiatan TMMD (pagi hingga sore hari), maupun dimalam hari selepas pekerjaan fisik sasaran TMMD.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Darusalam Serda Masrun mengatakan, dalam silaturahmi yang dibangun Satgas TMMD dipimimpin Danramil Bolo Kapten Inf Haerulah, ada beberapa hal penting yang dibahas. Diantaranya, terkait permasalahan keamaman dan peningkatan usaha pertanian masyarakat setempat.

Disamping itu, Satgas TMMD juga membuat papan nama wilayah secara swadaya dari masing-masing masyarakat seluruh dusun. Tujuannya, untuk memberi informasi tentang batas-batas wilayah pada masyarakat, terutama bagi pendatang. “Agar kami juga bisa memantau apabila ada warga pendatang yang masuk ke wilayah kami,” ujar Serda Masrun, Kamis, 27 April 2017.

Ia menuturkan, dalam kegiatan non fisik (silaturahmi) tersebut mendapat masukan dari masyarakat. Kata dia, masyarakat meminta Dwi Fungsi TNI kembali seperti dulu agar keamanan pada tiap-tiap wilayah terjamin. “Dalam pertemuan itu juga membahas terkait bahaya penggunaan obat terlarang,” katanya.


Kebersamaan TNI dan masyarakat membahas berbagai masalah.
Selain mendekatkan TNI dengan rakyat, dalam kegiatan silaturahmi tersebut Satgas TMMD memberikan pemahaman pada masyarakat, terutama generasi muda tentang bahaya obat terlarang dan perbuatan amoral. “Kami memberikan pemahaman tentang bahaya Narkoba seperti mengonsumsi pil tramadol, tentang akibat dan kerugiannya, serta sangsi-sangsi hukum terhadap pengguna, pengedar dan sebagainya. Begitu juga terhadap penyakit-penyakit sosial lainnya,” jelas Serda Masrun.

Dengan semangat kemanunggalan, para prajurit TNI terus menunjukan pengabdian tanpa batas untuk rakyat, melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1608/Bima di Kecamatan Woha dan Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat,

Berbagai kreativitas para prajurit yang ditunjukan dalam semangat kerja guna memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya kebutuhan para petani dalam mendukung kegiatan usahataninya, semakin nyata terlihat.

Hal itu terbukti melalui kerja keras yang dibaluti semangat kebersamaan dengan masyarakat dan aparat pemerintah, para prajurit telah membangun sejumlah sarana dan prasarana vital bagi kebutuhan masyarakat dan petani.

Diantaranya membangun jalan usahatani, talud, dan gorong-gorong yang kini telah mamasuki hari ke-22 mencapai 82 persen. Selain itu juga Satgas TMMD mendapat pekerjaan tambahan membuat 8 unit tugu prasasti (gapura) pada tiga titik sasaran. Tugu tersebut sebagai simbol pengabdian prajurit untuk rakyat melalui TMMD ke 98 tahun 2017.




[mrs/*]

Related

Ragam 5659593741351441944

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item