Abrasi Pantai, Masyarakat Sowa Terisolasi

Dusun Sowa, Desa Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima.   foto: moen AKTUALITA.INFO , Bima – Masyarakat pesisir pantai di Dus...


Dusun Sowa, Desa Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima.  foto: moen
AKTUALITA.INFO, Bima – Masyarakat pesisir pantai di Dusun Sowa, Desa Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, cemas terhadap abrasi (erosi pantai) yang belakangan ini kian mengikis areal pemukiman. Pengikisan pantai oleh tenaga gelombang dan arus laut di dusun setempat, mengakibatkan masyarakat terisolasi

"Karena lonjong penahan ombak yang dibangun beberapa tahun lalu, telah rusak dan kurang bermanfaat,” ujar warga setempat, Herman, Senin (12/9).

Menurut Herman, penahan ombak yang dibangun di depan rumah penduduk dinilai kurang bermanfaat. Sebab, saat air pasang langsung mengenai pemukiman masyarakat itu terjadi pada saat musim hujan dan musim angin barat tiba,” terangnya.

Saat ini, lanjutnya jarak perumahan dengan laut sangat dekat. Kalau gelombang pasang terus tinggi, perumahan masyarakat bisa terancam. “Untuk saat ini intensitas gelombangnya masih stabil, karena masih musim angin timur,” katanya.

Ia berharap pemerintah daerah peduli terhadap kondisi abrasi di depan rumah masyarakatyang berada sekitar Dermaga Sowa. Karena menurutnya, kejadian tersebut sudah sering terjadi jika peralihan musim. “Harapan kita adanya perhatian dari pemerintah untuk menanggulangi adanya abrasi tersebut, sehingga tidak makin parah,” kata Herman.

[Moen]

Related

Ragam 2978445044422596664

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item