Kelurahan Dara Wakili Kota Bima sebagai Kelurahan Cantik pada Kompetisi Level Nasional

Sekda, Kepala BPS, Lurah Dara, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Dara foto bersama usai acara pencanangan. Aktualita, Kota Bima - Kelura...

Sekda, Kepala BPS, Lurah Dara, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Dara foto bersama usai acara pencanangan.

Aktualita, Kota Bima - Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima terpilih sebagai kelurahan cinta statistik (Cantik) yang akan berkompetisi pada ajang nasional. Kamis, 28 Juli 2022, Wali Kota Bima diwakili Sekda Mukhtar Landa mencanangkan Kelurahan Dara Cantik.

Pencanangan Kelurahan Dara Cantik yang mandiri dalam pengumpulan, pengelolaan dan pemanfaatan data di tingkat kelurahan untuk mendukung pengentasan kemiskinan digelar di aula kantor kelurahan setempat. Dihadiri Kepala BPS Kota Bima Peter Wilem, Lurah Dara Nurkomala, Bhabinkamtibmas Kelurahan Dara Bripka Ramli, Babinsa Kelurahan Dara Serda Junaidin, Ketua LPM, Ketua RW dan RT Kelurahan Dara.

Lurah Dara Nurkomala menyampaikan apresiasi dan terimakasih pada penyelenggara, atas terpilihnya sebagai Kelurahan Cantik untuk mewakili Kota Bima pada ajang tingkat nasional. 

Keberhasilan itu tidak lepas dari penyelenggaraan kegiatan statistik, dalam rangka mendukung penguatan tata kelola pemerintahan dan peningkatan pembangunan.

"Sebuah kebanggaan bagi kami dipercaya menjadi inisiator dalam pembinaan Kelurahan Cantik, yang akan menjadi kelurahan percontohan bagi kelurahan lain untuk membangun data berstandar nasional," katanya.

Ia menjelaskan, pencanangan tersebut bertujuan untuk membangun semangat sebagai motor penggerak awal implementasi penguatan pengelolaan data berstandar di level nasional. Kemudian sebagai simbol komitmen antara BPS dan pemerintah kelurahan, serta menyukseskan program Kelurahan Cantik selama 6 bulan kedepan.

Kepala BPS Kota Bima Peter Wilem mengatakan, program Kelurahan Cantik kali ini adalah program BPS tahun kedua yang merupakan implementasi pembinaan statistik sektoral yang berfokus pada kelurahan. Tujuannya adalah sebagai titik awal implementasi program penguatan pengelolaan data kelurahan desa, guna mendukung perencanaan pembangunan kelurahan dan pemerintah daerah secara nasional, termasuk di Kota Bima 

'Kegiatan ini didasarkan pada UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa dan Perpres No. 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, dimana peran kelurahan sebagai  satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting dalam proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Peter menjelaskan, pencanangan tersebut sebagai penghargaan pada pemerintah kelurahan yang terpilih dalam program 514 Desa/Kelurahan Cantik secara nasional pada tahun ini. "Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa seluruh aparatur Kelurahan Dara mendukung sepenuhnya pelaksanaan program ini," sebutnya.

Peter menyampaikan terima kasih pada Pemkot Bima dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan. 

"Harapan kami dengan koordinasi dan kolaborasi yang kuat dan solid serta adanya pencanangan pada hari ini menjadi embrio perwujudan kelurahan-kelurahan cantik di seluruh Kota Bima," pungkasnya.

Sekda Kota Bima Mukhtar Landa mengatakan, saat ini kelurahan bukan lagi sebagai objek pembangunan, melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pembangunan di Kelurahan dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat.

"Banyak manfaat yang nantinya akan kita peroleh dengan adanya program Kelurahan Cantik ini,' katanya.

Manfaat bagi kelurahan, sebut Mukhtar, yakni tersedianya data yang mutakhir pada suatu sistem aplikasi profil kelurahan yang bersifat mikro. Dengan data yang mutakhir, perencanaan pembangunan kelurahan dapat lebih tepat sasaran.

"Saya ingin menekankan kembali bahwa pencanangan Kelurahan Dara Menuju Kelurahan Cantik ini merupakan upaya bersama, yang mencerminkan tekad dan komitmen kita untuk menjadikan Kelurahan Dara sebagai Kelurahan percontohan dalam meningkatkan kompetensi aparatur kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data," tandasnya.

Mukhtar berharap, program ini dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan. Ia juga berharap, program ini nantinya tidak hanya untuk Kelurahan Dara saja, namun juga dapat diterapkan pada kelurahan-Kelurahan lain di seluruh wilayah Kota Bima. 

"Sehingga semua kelurahan nantinya menjadi kelurahan yang cinta dan sadar akan pentingnya statistik bagi pembangunan kelurahannya," pungkas Mukhtar.

[akt.03]

Related

Pemerintahan 7440597228769946572

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item