TMMD Ke-110 Wilayah Kodim Bima Berakhir, Bupati Apresiasi Sumbangsih TNI

  Serah terima dokumen hasil kegiatan TMMD ke-110 pada upacara penutupan TMMD ke-110 di ruang rapat utama Kantor Bupati Bima. AKTUALITA.INFO...

 

Serah terima dokumen hasil kegiatan TMMD ke-110 pada upacara penutupan TMMD ke-110 di ruang rapat utama Kantor Bupati Bima.

AKTUALITA.INFO, BIMA – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 tahun 2021 wilayah Kodim 1608 Bima, berakhir 31 Maret 2021. Kegiatan  dengan tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" ini dipusatkan di Desa Waro, Desa Nontotera, Desa Tolouwi dan Desa Sondo Kecamatan Monta.

Untuk menandai berakhirnya kegiatan tersebut, dilangsungkan upacara penutupan dan penyerahan hasil TMMD di ruangan rapat utama Kantor Bupati Bima, Rabu siang (31/3).

Upacara penutupan TMMD ke-110 dihadiri Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH, M.Han, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal dan jajaran.

Selain itu, dihadiri Dandim 1614/Dompu, Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.IK, Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono, S.IK, Kajari Bima Suroto, SH, MH, Ketua PN Bima Harris Tewa, SH, MH, pimpinan DPRD Kabupaten Bima, para asisten dan sejumlah kepala dinas lingkup Pemkab Bima, Camat Monta serta para tokoh masyarakat Kabupaten Bima.

Dandim 1608/Bima dalam laporannya mengatakan, kegiatan TMMD ke-110 berlangsung selama 1 bulan (30 hari). Dengan sasaran daerah yang terpilih merupakan daerah rawan konflik.

“Kegiatan TMMD ke-110 dapat merekatkan hubungan masyarakat dengan Pemda dan TNI. Dengan TMMD juga jiwa korsa prajurit TNI diaplikasikan dalam kebersamaan dengan masyarakat,” jelasnya.

Selama kegiatan TMMD berlangsung sebut Dandim, sejumlah kegiatan fisik dan non fisik berhasil dilaksanakan. Untuk kegiatan fisik, Satgas TMMD dibantu masyarakat telah membangun Pos Pengamanan Terpadu di perbatasan Desa Sondo dan Nontotera. Pospamdu tersebut telah diresmikan oleh Danrem 162/WB. “Pospam Terpadu ini diharapkan jadi garda terdepan dalam mengatasi permasalahan sosial,” katanya.

Di Desa Nontotera, juga telah dibangun jalan usahatani sepanjang 1,4 kilometer plus saluran drainase sisi kiri dan kanan jalan. Satgas TMMD juga membangun 4 unit jembatan mini (deuker) di sepanjang jalan tersebut.

“Sementara di Desa Waro, Satgas TMMD telah merehab Masjid Al-Hidayah serta membuat bak air wudhu, MCK, dan tempat penyimpanan sendal,” sebutnya.

Untuk di Desa Tolouwi lanjut Dandim, telah melaksanakan rehab Masjid Al-Muttaqin yang terletak di Dusun Nggaro. Meliputi pemasangan keramik lantai bagian dalam dan luar masjid, plester dan mengecat tembok atau dinding, pembuatan dan pemasangan sejumlah pintu dan jendela yang baru, serta pembuatan gapura masjid.

“Kami juga melakukan kegiatan tambahan berupa rehab masjid di Desa Sondo dan pembuatan kandang ayam untuk menghidupkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Sedangkan kegiatan non-fisik tambah Dandim, telah melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan. Meliputi penyuluhan hukum dan bahaya Narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kesehatan dan pelayanan Posyandu bagi ibu dan anak. “Termasuk penyuluhan tentang kehutanan dan penghijaun wilayah,” pungkasnya.

Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH, M.Han, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Bima yang telah menyisipkan anggaran untuk TMMD ke-110. Selain turut memajukan daerah, TMMD juga dihajatkan untuk menciptakan kondusifitas daerah.

“TMMD ini harapannya menurunkan angka kriminalitas dan konflik sosial. Dengan begitu, ekonomi dan investasi akan tumbuh di daerah,” katanya.

Danrem mengaku bangga dengan kerja keras Satgas TMMD dalam merealisasikan program fisik dan non-fisik di desa sasaran. Hasil kerja keras dan kerja ikhlas itu, sangat menakjubkan dan direspon positif seluruh lapisan masyarakat.

“Saat tinjau lokasi TMMD tadi, saya lihat masyarakat senang sekali. Dengan TMMD juga meminimalisir kondisi wilayah yang rawan konflik,” ungkapnya.

Menurut jenderal bintang satu ini, tindakan kriminalitas di Bima kualitasnya makin tinggi. Kebanyakan pelakunya dari kalangan remaja.

“Pekerjaan rumah (PR) bagi Dandim dan Kapolres untuk mengatasi itu. Desain pola penanganannya seperti apa begitu, yang penting dapat mencegah remaja berbuat kriminal. Diharapkan juga dukungan dari para tokoh agama, pemuda dan masyarakat untuk itu,” pungkas Danrem.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE mengapresiasi TNI yang telah memilih tiga desa rawan konflik di Kecamatan Monta sebagai pelaksanaan kegiatan TMMD tahun ini. Dipilihnya wilayah tersebut sangat tepat, karena beberapa tahun terakhir terjadi gesekan masyarakat. Dari masalah kecil hingga mengakibatkan korban jiwa.

“Daerah kita sedang diuji dengan berbagai masalah sosial dan kriminalitas. Terimakasih, sejak adanya kegiatan TMMD suasana daerah kita jadi aman dan kondusif,” tuturnya.

Kekurangan dalam hal dukungan pada kegiatan TMMD kata bupati, menjadi catatan Pemkab Bima untuk perbaikan kedepan. Pemkab akan selalu mendukung setiap kegiatan TNI melalui TMMD, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat di desa. “Sekali lagi atas nama pemerintah dan masyarakat, saya menyampaikan terimakasih karena melalui TMMD telah menciptakan suasana yang aman dan kondusif,” pungkas bupati.

Upacara penutupan TMMD Reguler ke-110 tahun 2021 wilayah Kodim 1608 Bima, diakhiri dengan penandatanganan dokumen dan serah-terima hasil kegiatan TMMD dari Dandim kepada Bupati Bima.

[akt.01]

Baca juga: Puncak TMMD TMMD 110, Danrem Tinjau Hasil Rehab Masjid Al-Muttaqin Desa Tolouwi dan Serahkan Bantuan Rp5 Juta

Baca juga: Danrem Resmikan Pospam Terpadu, Wujud Karya Satgas TMMD 110 di Wilayah Rawan Konflik

Baca juga: Jalan Usahatani 1,4 Kilometer Rampung, Hasil Karya Monumental Satgas TMMD 110 di Daerah Rawan Konflik

Baca juga: TMMD110, Pospam Terpadu Tuntas 100 Persen Dibangun di Wilayah Rawan Konflik


Related

Pemerintahan 8231670621786665093

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item