Satgas TMMD dan Masyarakat Semakin Akrab, Makan Bersama Sambil Berbagi Cerita

  Momen rehat makan siang bersama Dan Satgas TMMD dan anggota beserta masyarakat.   AKTUALITA.INFO , BIMA – Kegiatan TNI   Manunggal Membang...

 

Momen rehat makan siang bersama Dan Satgas TMMD dan anggota beserta masyarakat.  

AKTUALITA.INFO, BIMA – Kegiatan TNI  Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 1608/Bima di tiga desa Kecamatan Monta Kabupaten Bima, terus berlangsung. Yakni, Desa Nontotera, Desa Waro dan Desa Tolouwi.

Hingga hari kesebelas, Sabtu (13/3), sejumlah pekerjaan fisik telah menujukkan hasil yang sangat signifikan. Demikian dengan kegiatan non-fisik, terus dilakukan berbarengan dengan pekerjaan fisik yang diprogramkan.dalam TMMD 110.

Kemajuan-kemajuan itu, terutama pekerjaan fisik berupa pembangunan fasilitas umum dan rehab masjid, dikerjakan Satgas TMMD dan masyarakat tanpa kenal lelah. Setiap hari, mereka berjibaku dan bahu-membahu mengerjakan sejumlah fasilitas sarana dan prasarana di tiga desa setempat.

Meski lokasi pembangunan berada di medan yang berat dan derasnya hujan yang kerap mengguyur, tak menyurutkan semangat Satgas TMMD. Mereka ikhlas mengerjakan semua sarana dan prasarana tersebut, demi kesejahteraan masyarakat tiga desa yang rawan konflik dan kriminalitas.

Di balik kegiatan TMMD 110 Kodim Bima ini, terpupuk kebersamaan antara prajurit dan masyarakat. Dari hari ke hari, kian terjalin keakraban dan kekeluargaan diantara mereka. Semakin kompak dan saling memahami satu sama lain. Dari suasana kebersamaan ini, membuat pekerjaan berat menjadi ringan.

Momen kebersamaan itu tidak saja di saat bekerja, tetapi juga ketika rehat sejenak dari pekerjaan. Saat istirahat makan bersama, Satgas TMMD dan masyarakat memanfaatkan waktu untuk ngobrol santai saling berbagi cerita. Pada momen inilah Satgas TMMD memberikan pemahaman dan merubah perilaku masyarakat terkait banyak hal, terutama soal hukum dan pentingnya menjaga kemanan dan ketertiban (Kamtibmas) di lingkungan masing-masing.

Suasana kebersamaan itu seperti yang terlihat di lokasi pembukaan jalan tani di Desa Nontotera, Sabtu (13/3). Saat rehat sejenak di tenda untuk melepas lelah setelah seharian bekerja, Dan Satgas TMMD 110 Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal dan anggota, menjalin kebersamaan dengan warga.

Dan Satgas TMMD yang juga Dandim 1608/Bima ini, duduk lesehan dalam tenda yang dibangun seadanya beralaskan tanah. Mereka makan bersama dengan menu seadanya. Makanan biasa masyarakat pelosok. Sesekali Dandim menuangkan kuah sayur ke piring warga.

“Untuk menjalin ikatan kekeluargaan dan keakraban dengan masyarakat, sesekali kita harus berada di tengah mereka,” ujar Dan Satgas TMMD yang juga Dandim Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal.

Menurutnya, kebersamaan dengan rakyat dalam pelaksanaan TMMD mempunyai nilai strategis untuk mengoptimalkan target penyelesaian sasaran TMMD. Tak kalah pentingnya juga, lewat kebersamaan ini perilaku masyarakat bisa lebih humanis dan cinta damai, sehingga dari konflik dan kriminalitas.

Dengan demikian lanjutnya, tujuan kegiatan TMMD yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, dan menimbulkan rasa aman dan nyaman di masyarakat dapat terwujud. “Hal ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap rakyat, karena TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat,” tutur Dandim.

[akt.01]

Baca juga: Lindungi Hutan, Satgas TMMD Gugah Masyarakat Desa Rawan Konflik Melalui Penyuluhan

Baca juga: Melihat Aktivitas Satgas TMMD 110 di Desa Rawan Konflik

Related

Ragam 4421483461408284431

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item