Debat Terbuka, ini Visi Misi 3 Paslon Pilkada Bima

   Tiga Paslon Pilkada Bima menyampaikan visi misi dan program. AKTUALITA.INFO , BIMA - Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bima menyamp...

  

Tiga Paslon Pilkada Bima menyampaikan visi misi dan program.

AKTUALITA.INFO, BIMA - Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bima menyampaikan visi misi dan program dalam debat terbuka, Sabtu (7/11). Masing-masing Paslon diberikan kesempatan 4 menit oleh moderator, Dr. H. Kadri, M.Si, untuk menyampaikan visi misi dan program.

Pantauan wartawan melalui siaran langsung BimaTV, Paslon Nomor Urut Satu (IMAN) menyampaikan visi mewujudkan Kabupaten Bima yang baru. Dana Mbojo Mabou, Mataho, Mabareka (Bima yang baru, yang baik, yang berkah).

IMAN akan mewujudkan Bima yang Beriman dan Bermartabat melalui pembinaan iman yang intensif terhadap aparat dan masyarakat. Mewujudkan Bima yang aman dan tangguh, melalui pembangunan dan pengembangan insfrastruktur berkelanjutan serta penguatan mitigasi bencana.

IMAN juga akan mewujudkan Bima yang nyaman dengan melayani dan menata birokrasi yang bersih, berintegritas, profesional dan dekat dengan masyarakat. Mewujudkan Bima yang selaras dan harmonis melalui pengelolaan lingkungan, pengelolaan sumberdaya alam yang asri, selaras, harmonis dan sinergis yang berkelanjutan.

Mewujudkan Bima yang sehat dan cerdas melalui peningkatan kesehatan dan kederdasan sumberdaya manusia. Mewujudkan Bima yang mandiri dan modern melalui pengentasan kemiskinan dan pembangunan ekonomi yang berbasis pada pertanian dan peternakan, perdagangan, pariwisata dan industrialisasi.

Mewujudkan Bima yang adil dan berkah melalui penegakkan supremasi hukum yang berkeadilan, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang beriman dan sejahtera sesuai tuntutan zaman.

“Dari visi dan misi di atas, kami menyusun program Selasa Menyapa. Kalau kami terpilih jadi bupati dan wakil bupati, kami akan tidur di desa-desa setiap seminggu sekali. Doho sama, nuntu sama dengan masyarakat. Ngaha sama, nono sama, sambea sama, doa sama, maru sama (duduk bersama, makan bersama, minum bersama, shalat bersama, doa bersama, tidur bersama) dan malamnya kami akan adakan kopi bareng dengan kaum milenial, pemuda dan pemudia setiap desa seminggu sekali,” kata IMAN.

Kemudian, program kartu Bima Sehat melalui BPJS Gratis untuk seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bima yang belum memiliki BPJS Gratis. Satu desa satu rumah quran yang baru, dan program 500 beasiswa untuk mahasiswa miskin dan berprestasi selama 5 tahun.

Program selanjutnya sebut IMAN, yakni peningkatan ekonomi petani, peternak dan nelayan. Membuka lapangan pekerjaan baru, memberikan modal usaha untuk UMKM sebesar Rp 50 miliar selama 5 tahun dan industrialisasi garam dengan menghadirkan pabrik garam.

“Demikian visi-misi dan program IMAN yang kami rangkum dalam tagline kami yakni, figur baru, ide baru, semangat baru menuju Bima yang baru,” tutup IMAN.

Paslon Nomor Urut Dua (Syafa’ad) menyampaikan, kondisi Kabupaten Bima saat ini telah mengalami kemunduran yang sangat memprihatinkan. Hal itu berdasarkan data dan fakta yaitu, angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bima hanya 66,37. “Angka tersebut menjadi IPM terburuk di wilayah Pulau Sumbawa, bahkan menjadi IPM terburuk sepanjang sejarah Kabupaten Bima,” katanya.

Syafa’ad juga menyampaikan, angka kemiskinan Kabupaten Bima pada tahun 2019 masih tinggi yaitu, 71.952 orang atau 14,73 persen. Pengeluaran perkapita Kabupaten Bima tahun 2019 sebesar Rp 8.631.000 di bawah rata-rata NTB sebesar Rp 10.640.00.

Angka buta huruf masyaraka Kabupaten Bima lanjut Syafaad, yang berumur 15 tahun ke atas tahun 2019 sebesar 11,6 persen atau sebanyak 38.685 orang yang masih buta huruf.

Kemudian, kondisi jalan di Kabupaten Bima saat ini yang masih rusak berat ialah 63 persen dari total panjang jalan 831,62 kilometer. “Itu artinya, masih ada 631,62 kilometer jalan yang masih rusak berat. Ini berdasar sumber data dari profil Kabupaten Bima Tahun 2020,” jelas Syafa’ad. Selanjutnya kata Syafa’ad, kelangkaan pupuk yang selalu mencekik petani. 

“Berdasarkan kondisi tersebut, kami pasangan Syafa’ad bertekad maju mencalonkan diri dalam Pilkada Kabupaten Bima tahun 2020 ini. Dan, atas berkat rahmat Allah SWT, kami mewakafkan diri dalam membangun ‘dou labo dana mbojo’ dengan semboyan Bima Makmur. Kita akan bergerak lebih maju, lebih cepat, lebih kuat ke depan. Fondasi yang lebih kuat itu memunkginkan kita untuk melangkah, menyongsong masa depan. Kita yakin kita bisa menghadapi semua tantangan tersebut karena kita memiliki potensi sumberdaya yang mumpuni,” tutur Syafa’ad.

Sebagai upaya menuntaskan pembangunan yang telah H Syafruddin HM Noer di masa tahun 2014-2015, Syafa’ad mengusung visi terwujudnya Bima Makmur menuju menuju Bima yang maju, aman, kreatif, mandiri, unggul dan religius.

Sementara misi syfaad yaitu, mewujudkan reformasi birokrasi yang berorientasi hasil, memantapkan infrastruktur daerah berdasar infrastruktur pendukung dan membangun semberdaya manusia yang sehat, unggul dan mandiri.

“Kemudian, membangun kemandirian daerah untuk  meningkatkan ekonomi masyarakat, mewujudkan Bima yang aman dan nyaman, membangun kapasitas pemahaman dan pengamalan agama,” pungkas Syafa’ad.

Paslon Nomor Urut Tiga (INDAH) menyampaikan visi dan misi yang tergambar pada periode 2015-2020. Dengan didasari niat, INDAH akan mempertajam dan memperbaiki serta menujukkan kemampuan lebih jika kembali memegang amanah sebagai bupati dan wakil bupati dengan visi Bima Ramah.

“Bima Ramah akronim dari religius, aman, makmur, amanah dan handal,” ujarnya.

Dijelaskannya, religius merupakan cerminan dari masyarakat Kabupaten Bima yang 99 persen Islam. Diharapkannya, tumbuh kembang kehidupan masyarakat hasur dibarengi dengan nuansa religius.

Dari sisi Amanah lanjut INDAH, daerah yang selalu dianggap zona merah dari hari ke hari, dipastikan  selalu berbenah diri, memajukan diri, memastikan diri bahwa situasi aman di Kabupaten Bima. Tidak saja aman bagi seluruh masyarakat yang bekerja, tetapi lebih-lebih bagi investor yang hadir di Bima.

Dari sisi Makmur, INDAH akan memaksimalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Bima baik aspek pertanian, peternakan, perikanan dan lainnya. Hal itu akan dilakukan melalui pendampingan dinas teknis.

“Kita harapkan, melalui komoditi unggulan ini akan menjadi label bagi Bima untuk lebih dikenal oleh masyarakat dunia, masyarakat internasional yang tentunya harus didukung sepenuhnya oleh stakeholder yang bekerja, lebih-lebih masyarakat Bima,” katanya.

Terkait Amanah lanjut INDAH, memaksimalkan birokrasi yang dimiliki sebagai pendukung utama dalam menyukseskan seluruh program yang dilaksanakan. “Kita harapkan dengan terciptanya pemerintahan yang baik atau good government, kita harapkan aparatur memiliki ilmu yang cukup, memiliki nilai agama yang cukup sehingga dipastikan setiap program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Handal lanjut INDAH, adalah cita-cita bersama dari berbagai sektor yang dijalankan. Dipastikannya, INDAH memiliki kepercayaan diri, kemampuan yang lebih sehingga masyarakat patut membanggakan diri sebagai ‘Dou Mbojo’.

Membangun kata dia, tetentunya membutuhkan sinergi, membutuhkan pendanaan dan kemampuan yang ada. Membangun suatu daerah, tidak akan terlihat nyata dengan hasil yang INDAH perbuat dalam lima tahun pertama.

“Itulah yang mendasari kami untuk maju bersama, menguatkan niat dan mengikhlaskan diri untuk membangun ‘dou labo dana Mbojo’ yang kami cinta ini. Kami berharap, dengan kepercayaan dan ridho Allah SWT, kita akan mampu menyelesaikan periode kedua dengan sebaik mungkin. Dan tentunya yang utama, meletakkan pondasi penguatan sumberdaya manusia untuk Bima dalam 5 dan 10 tahun ke depan. Oleh karena itu, dukungan seluruh pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah sangat kami harapkan. Karena dengan bersama, kita mampu menghadapi berbagai permasalahan yang ada,” tutup INDAH. 

[akt.01]

Related

Politik 2580617627615400950

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item