KPU Gelar Debat Terbuka, Adu Gagasan dan Program Tiga Paslon Pilkada Bima

AKTUALITA.INFO , BIMA - Debat terbuka antar-Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima dilangsungkan di gedung DPRD Kabupaten Bi...



AKTUALITA.INFO, BIMA - Debat terbuka antar-Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima dilangsungkan di gedung DPRD Kabupaten Bima, Sabtu (7/11). Kegiatan adu program, ide dan gagasan para Paslon tersebut berjalan lancar dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dan dijaga ketat ratusan personel gabungan Polri dan TNI.

Pantauan wartawan dari layar televisi di luar arena debat, kegiatan diawali dengan pembacaan doa oleh Kepala Kemnag Kabupten Bima. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars KPU dan sambutan penyelenggara debat.

Ketua KPU Kabupaten Bima Imran, SPd.I, SH, dalam sambutannya menyatakan, debat terbuka antar-Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bima mengambil tema penguatan potensi dan strategi daerah untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.

Debat tersebut kata dia, merupakan salahsatu metode kampanye yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Bima. Dari sekian metode kampanye yang ada sesuai dalam peraturan KPU.

Debat antar-Paslon jelas Imran, merupakan adu gagasan dan adu ide para Paslon yang nanti akan memperesentasikan visi-misi dan program.

“Maka tentu kepada kita semua, terutama kepada masyarakat Kabupaten Bima, untuk menyaksikan, menyimak dan mencatat janji-janji yang dituangkan baik dalam visi dan misi, maupun program para Paslon,” katanya.

Imran menegaskan, janji adalah utang. Tentu akan dibayar lunas ketika calon Bupati dan Wakil Bupati Bima terpilih pada saatnya nanti.

Kepada masyarakat Kabupaten Bima kata Imran, debat juga merupakan salahsatu upaya pendidikan politik. Dia  mempersilakan agar dapat dapat disimak secara baik melalui tayangan langsung Bima TV, live streaming youtube dan siaran langsung facebook KPU Kapubaten Bima.

“Sebagai salahsatu perwujudan kedaulatan rakyat, maka tentu kami sangat berharap debat ini dapat digunakan dan dimanfaatkan secara baik dan tidak terjebak dengan iming-iming money politik,” tandasnya.

Imran mengatakan, debat terbuka antar-Paslon menjadi momentum yang sangat bersejarah. Tidak saja bagi Paslon, tetapi bagi segenap masyarakat Kabupaten Bima agar bisa menilai secara cermat.

“Untuk itu, mari kita simak debat ini yang akan dipandu oleh Doktor H Kadri MSi. Kami mohon maaf jika tersirat kekurangan dalam acara ini,” pungkasnya.

Debat terbuka selain dihadiri tiga Paslon, juga dihadiri PJS Bupati Bima, Kapolre Bima dan Kapolres Bima Kota, Dandim 1608 Bima, Ketua Devisi Teknis KPU NTB, tim penyusun materi debat, tim kampanye dan tim penghubung Paslon.

Debat dipandu moderator Dr. H. Kadri, M.Si, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Dr. Kadri berpengalaman sebagai moderator debat Calon Wali Kota tahun 2013 dan 2018, moderator debat Calon Bupati Lombok Barat tahun 2015, moderator debat calon Bupati Bima tahun 2015, dan moderator debat Calon Bupati Dompu tahun 2015.

Sementara itu, tim penyusun materi debat ialah Dr. Abdul Wahid. M.Ag, M.Pd (Dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram), Dr. Ir. Abdullah Usman, M.Agr.Sc (Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian Unram), Dr. Ridwan, SH, MH (Ketua STIH Muhammadiyah Bima) dan Dr. Ikhwan HS, SE, MM, M.Si (Dosen Universitas Gunadarma Jakarta).

[akt.01]

Related

Politik 5915349160885829096

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item