Dam Rontu akan Dibangun RTH

AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA - Salah satu tolok ukur pengaplikasian konsep kota hijau adalah keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Konsep ters...

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Salah satu tolok ukur pengaplikasian konsep kota hijau adalah keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Konsep tersebut, saat ini menjadi atensi Badan Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima dengan memanfaatkan sejumlah tempat untuk dijadikan RTH.

Alwi Yasin dengan latar
belakang Dam Rontu. 
Salah satu tempat yang akan dijadikan RTH adalah tepian sungai Dam Rontu. “Kami sedang melakukan pematangan lahan. Kami manfaatkan Dam Rontu jadi RTH,” ujar Kepala DLH Kota Bima, Drs H Alwi Yasin M.AP di kantornya, Kamis (28/11).

Pembangunan RTH tepat di belakang dinas setempat jelas Alwi, bertujuan untuk menjamin ketersediaan udara bersih yang diperlukan masyarakat. Selain itu, kata dia, menjamin ketersediaan ruang terbuka bagi aktivitas publik, serta dapat meningkatkan nilai estetika kota.

“Daerah sekitar sungai juga harus dimanfaatkan untuk kepentingan publik. Maka itu kita buatkan RTH, supaya masyarakat nyaman memanfaatkannya,” tegas Alwi sembari menjelaskan bahwa RTH tidak saja di perkantoran, halaman rumah maupun tempat-tempat umum lainnya. Tetapi juga di tepi sungai dan tepi pantai.

Dikatakannya, di Dam Rontu terdapat beberapa potensi yang bisa dipoles menjadi tempat wisata keluarga yang menyejukan. Dia akan membuat tempat bermain dan tempat memancing. “Nanti kita buatkan juga tempat berfoto selfie yang ada air terjunnya,” tutur Alwi.

Selain sebagai tempat wisata keluarga, lanjut dia, ke depan di Dam Rontu akan dijadikan tempat wisata edukasi. Kemudian, akan ada pemberdayaan ekonomi kreatif. “Nanti kita undang pelaku ekonomi kreatif untuk menjual di sini,” katanya.

Alwi menambahkan, pihaknya merencanakan akan melengkapi fasilitas olahraga dan fasilitas umum lainnya. Sehingga apa yang disediakan dapat dimanfatatkan masyarakat dengan baik.

“Tapi nanti di tahun 2020 kita masukan. RTH di tempat  ini supaya masyarakat cinta bersih. Kita perkenalkan bagaimana sungai itu bersih,” pungkasnya.

[akt.02]

Related

Pemerintahan 5399772647167408528

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item