Polisi dan Jurnalis, Mitra Strategis yang Saling Membutuhkan

Kapolres Dompu dan jajaran foto bersama sejumlah wartawan yang bertugas di Kabupaten Dompu. Foto: rul AKTUALITA.INFO, DOMPU – Kepala Ke...

Polisi dan Jurnalis, Mitra Strategis yang Saling Membutuhkan
Kapolres Dompu dan jajaran foto bersama sejumlah wartawan yang bertugas di Kabupaten Dompu. Foto: rul
AKTUALITA.INFO, DOMPU – Kepala Kepolisian Resort (Polres) Dompu, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Brury Soekotjo, SIK mengatakan polisi dan wartawan merupakan mitra kerja yang saling membutuhkan. Tanpa informasi yang disampaikan wartawan, publik tidak akan mengetahui kinerja kepolisian. “Polisi dan wartawan adalah mitra strategis dalam hal penyampaian informasi,” katanya saat silaturrahmi dengan sejumlah wartawan media cetak dan elektronik usai acara pisah sambut pejabat Polres di Mapolres Dompu, Jumat 29 Januari 2016.

Menurut Brury masyarakat tidak akan mengetahui apa program kerja kepolisian, dan apa saja yang sudah dilakukan dalam memberikan pelayanan, jika tidak dipublikasikan wartawan. “Kami sangat mengapresiasi kebebasan pers yang bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas jurnalistik,” ujarnya.

Brury mengingatkan agar setiap pemberitaan tetap menjujung tinggi etika pers, dengan tetap melakukan konfirmasi dan cross check (pemeriksaan kembali) sebelum dipublikasi. Tujuannya, untuk menjamin keakuratan dan keseimbangan berita. “Kami berharap agar dapat juga mempublikasikan sisi-sisi keberhasilan yang mampu diraih oleh Polres Dompu,” harapnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Wilayah Dompu- Sumbawa, Adhar Pangeran, mengatakan selama menjalankan tugas peliputan hingga penayangan berita, wartawan Dompu selalu berpedoman pada kode etik jurnalistik dan Undang-Undang Pokok Pers 40 Tahun 1999. Hanya saja, di dalam pemberitaan yang dipublikasi tentu saja ada penilaian masyarakat dari sisi positif dan negatifnya. “Tapi itu adalah hal yang wajar, karena sejatinya kami hanya menjalankan tugas dan tanggungjawab jurnalistik di wilayah Dompu ini,” kata Adhar Pangeran.

Kontributor MNC Group Wilayah Dompu yang akrab disapa Pangeran ini mengaku semua kejadian, peristiwa, dan keberhasilan yang terjadi di wilayah Dompu, tetap dipublikasikan secara profesional oleh wartawan. Hanya aja kata dia, selama ini wartawan kesulitan mendapatkan informasi di Polres Dompu. “Kami harap kepolisian bisa lebih proaktif dalam memberikan informasi. Terutama pada saat wartawan mendatangi kantor Mapolres Dompu untuk memenuhi tugas jurnalistiknya,” harapnya.

Pangeran menambahkan wartawan Dompu akan tetap menjujung tinggi nilai-nilai kemitraan dengan Polres Dompu, sesuai tanggungjawab dan tugas-tugas jurnalistik yang diemban. Jika Polres Dompu menginginkan untuk dipublikasi keberhasilan polisi dalam menjalankan tugasnya, tentu Polres harus menyampaikan informasi lebih dahulu terkait apa saja keberhasilan itu. “Supaya hal itu bisa kami liput dan menayangkannya dalam pemberitaan media cetak dan elektronik,” pungkasnya.

[rul]

Related

Ragam 5831801320348754070

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item