TNI Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Peluru Tajam

Pemusnahan Senpi rakitan di Markas Kodim 1614 Dompu. Foto: yani AKTUALITA.INFO, DOMPU – Komando Distrik Militer (Kodim) 1614 Dompu, Nus...


TNI Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Peluru Tajam
Pemusnahan Senpi rakitan di Markas Kodim 1614 Dompu. Foto: yani
AKTUALITA.INFO, DOMPU – Komando Distrik Militer (Kodim) 1614 Dompu, Nusa Tenggara Barat, Senin 05 Oktober 2015, memusnahkan puluhan senjata api (Senpi) rakitan dan peluru tajam. Pemusnahan berlangsung di lapangan Makodim, usai peringatan Hari Jadi ke-70 TNI.

Senpi rakitan dan peluru tajam tersebut, merupakan hasil penyerahan secara sukarela oleh masyarakat selama ini. Pemusnahan disaksikan pejabat lingkup Kodim 1614 dan pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu.

Komandan Kodim (Dandim) 1614 Dompu, Letkol CZI Asep Rahmat Sukmana, S.IP., dalam keterangan pers nya merinci jumlah Senpi rakitan yang dimusnahkan. Diantaranya 8 pucuk Senpi rakitan laras panjang, dua pucuk Senpi rakitan laras pendek, 56 pucuk senjata rakitan peluru kelereng,dan 5 butir peluru tajam jenis N16A1 kaliber 5,56 mm.

“Senjata-senjata tersebut didapat dari masyarakat yang diserahkan secara sukarela. Penyerahan dikarenakan kesadaran masyarakat yang tidak ingin lagi terjebak dalam konflik horisontal,” jelas Asep.

Menurutnya, selamai ini masyarakat kerap menggunakan Senpi rakitan jika terjadi bentrok. Selain itu, digunakan untuk kebutuhan pengamanan ketika mereka berkebun atau bertani.

Atas imbauan dan pendekatan persuasif TNI yang dilakukan selama ini, kata Asep, masyarakat mau menyerahkannya secara sukarela. Masyarakat sudah sadar dan tidak ingin lagi berbuat yang macam-macam.

TNI mengapresiasi langkah dan niat baik masyarakat. Karena sudah mau bekerjasama dengan baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban. “Kami memberikan penghargaan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada mereka,” ujar Asep.

[yani]

Related

Ragam 4462237572819869455

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item