Terus Berinovasi, STIE Bima Luncurkan Program E-Campus

Ketua STIE Bima (kemeja putih) dan Ketua Kopertis Wilayah VIII (kemeja hitam) bersama petinggi kampus lainnya saat peluncuran perdana E-Ca...

Ketua STIE Bima (kemeja putih) dan Ketua Kopertis Wilayah VIII (kemeja hitam) bersama petinggi kampus lainnya saat peluncuran perdana E-Campus STIE Bima. [yudha]

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima terus berinovasi. Untuk lebih memudahkan pelayanan, kampus biru ini meluncurkan program E-Campus. Program dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini merupakan integrasi sistem informasi yang berkaitan dengan aktivitas kampus.

Ketua STIE Bima Firdaus ST MM menjelaskan, E-Campus adalah sistem informasi terpadu yang meliputi sistem informasi akademik, informasi keuangan, dan informasi kepegawaian. “Dengan E-campus ini akan memudahkan semuanya. Mempermudah civitas akademika baik dosen, mahasiswa maupun staf,” jelasnya saat peluncuran E-Campus di STIE Bima, Sabtu (26/11/2016).


Prof Dr I Nengah Astawa didampingi Firdaus ST MM
menjelaskan pentingnya penguasaan teknologi.
Peluncuran E-Campus tersebut dirangkai dengan Seminar Peran Teknologi Informasi dalam Aksesibilitas Menuju Kemandirian Mahasiswa. Dengan pembicara tunggal Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII, Profesor Doktor I Nengah Dasi Astawa.

Menurut Firdaus, dengan E-Campus memungkinkan semuanya bekerja. Satu saja yang tidak bekerja, maka akan berdampak tidak baik karena secara otomatis akan terjadi kesalahan pada sistem tersebut. “Ini menjadi tantangan kita sehingga butuh pemahaman teknologi yang mumpuni,” katanya

Penerapan E-Campus di STIE Bima akan dimulai pada awal semester depan, karena berkaitan dengan awal her-registrasi mahasiswa dan penginputan nilai akademik. Ke depan kata Firdaus, akan dikembangkan lagi sistem informasi perpustakaan dan sistem informasi pembelajaran. “Efektif penerapan E-Kampus kita targetnya awal semester depan,” ujarnya.

Firdaus menambahkan, kehadiran E-Campus bukan berarti sistem yang lama (manual) tidak efektif. Perbedaannya hanya pada percepatan informasi yang disajikan. “Kalau dengan sistem manual sebenarnya tidak terlalu sulit. Cuman E-Campus ini informasinya cepat. Sekarang dengan E-Campus informasinya langsung ke mahasiswa. Jadi tidak terpusat pada pelayanan kami yakni pelayanan akademik dan pelayanan lain-lainnya. Informasi bank juga dijadikan satu dalam sistem E-Campus. Jadi terintegrasi semuanya,” terangnya.

Ketua Kopertis Wilayah VIII, Prof Dr I Nengah Dasi Astawa mengatakan teknologi memiliki peranan penting. Jika menguasai teknologi, maka bisa menjadi orang yang unggul. “Ilmu dan teknologi sangat membantu kita, termasuk membantu aktivitas kampus. Teknologi mempermudah sesuatu hal yang rumit,” katanya.

Menurutnya, E-Campus merupakan salahsatu penerapan teknologi yang mumpuni dalam pengembangan kampus, pengembangan pendidikan, dan pengembangan mahasiswa. Dengan E-Campus, memberi kemudahan bagi seluruh civitas akademika STIE Bima dalam mengakses berbagai informasi yang berkaitan dengan aktivitas kampus biru tersebut.

“Kalau STIE Bima ini menerapkan E-Campus, mahasiswa atau calon mahasiswa baru tidak perlu ke sana ke mari membayar kuliah (her registrasi) atau mendaftar dan melihat nilai atau pengumuman lainnya. Cukup dengan online E-Campus semua bisa teratasi,” tutur I Nengah mencontohkan.

Selain itu, lanjut dia, pihak kempus tidak perlu repot menempel pengumuman-pengumuman bagi mahasiswa, dosen, dan pegawai. Semuanya sudah terinput dalam sistem E-Campus sehingga dapat diakses kapan saja sesuai keinginan. “Sistem E-Campus ini mempermudah. Melihat nilai, mengambil KRS, dan mendaftar dari jauh juga bisa. Pihak kampus juga akan terbantu dalam banyak hal. Apalagi saat ini era teknologi mengharuskan kampus beradaptasi,” terang I Nengah.

Guru besar yang telah menerbitkan sejumlah buku ini mengingatkan mahasiswa dan dosen agar melek teknologi sehingga sistem E-Campus dapat berjalan dengan baik. Selain itu, dengan penguasaan teknologi bisa mengakses informasi-informasi global. “Jadilah orang berkualitas dengan menguasai teknologi,” ingatnya.

Baca juga: Bank Indonesia Resmikan BI Corner STIE Bima

[yudha]

Related

Pendidikan 1254900419414885501

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item