Dukung Smart City, Mitratel PT Telkom Tawarkan Kerjasama dengan Pemkot Bima

Wakil Wali Kota Bima (kanan) dan Tim Mitratel PT Telkom Indonesia membahas tawaran kerjasama pelayanan jaringan telekomunikasi. AKTUA...

Wakil Wali Kota Bima (kanan) dan Tim Mitratel PT Telkom Indonesia membahas tawaran kerjasama pelayanan jaringan telekomunikasi.

AKTUALITA.INFO, Kota Bima - Mitratel PT Telkom Indonesia menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dalam bentuk pelayanan jaringan telekomunikasi yang lebih baik lagi, sehingga dapat mendukung program Smart City.

Untuk mewujudkannya, Tim Mitratel PT Telkomsel Indonesia melakukan pertemuan dengan Wakil Walikota Bima H A Rahman H Abidin SE, Selasa (01/11/2016). Pertemuan berlangsung di ruang kerja Wakil Wali Kota, didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo, Ir Zulkifli MAP.

Melalui Kepala Divisi Mitratel PT Tekom Indonesia, Firman memperkenalkan produknya yakni Microcell. Konsep Microcell adalah pemanfaatan tiang PJU sebagai pole untuk berbagai manfaat. Diantaranya sebagai pemancar sinyal selular, CCTV, Wifi, dan media iklan dengan tetap memperhatikan estetika kota dan kearifan lokal. “Semua perangkat yang terpasang di pole dikendalikan secara terpusat pada lokasi terpisah dalam suatu ruangan (indoor) dengan tujuan untuk kemudahan operasional dan efisiensi,” jelas Firman.

Selain itu, lanjut Firman, Microcell mengoptimalkan infrastuktur untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Sehingga dapat memberikan kepastian dalam memberikan layanan yang memenuhi kenyamaman (dukungan layanan telekomunikasi yang optimal), keindahan (keberadaan infrastuktur yang sesuai dengan kondisi budaya dan adat setempat), keamanan (CCTV, lampu penerangan jalan) dan layanan ICT terintegrasi (Wifi).

Menurut Firman, keuntungan Pemkot Bima jika menggunakan Microcell adalah meningkatkan pelayanan kepada publik melalui kualitas seluler yang memadai (4G LTE), mempertahankan keindahan dan estetika kota, meningkatkan potensi sumber pendapatan daerah melalui multiplier effect, dan mendorong pertumbuhan sektor IT.

“Sedangkan pihak Mitratel akan mendapatkan kepastian hukum perijinan pembangunan pole Microcell di Kota Bima, kepastian dan percepatan waktu implementasi, membantu pemerintah meningkatkan sarana infrastruktur telekomunikasi dan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Firman.

Pada akhir pemaparannya, Microtel menyampaikan usulan kemitraan dengan Pemkot Bima akan bisa berjalan dengan beberapa ketentuan. Yaitu Sistem sewa lahan untuk penempatan infrastruktur Microcell (Pole) di lahan Pemkot Bima, dan Penyediaan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ditempatkan pada setiap pole Microcell dengan biaya ditanggung oleh Mitratel. “Ketentuan lain akan dibahas sesuai kesepakatan kedua pihak,” ujar Firman.

Wakil Wali Kota Bima H A Rahman H Abidin menyambut baik kerjasama tersebut dengan ketentuan harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Rahman menyerahkan kepada dinas terkait untuk membicarakan secara teknis kelanjutan dari kerjasama tersebut.

[yudha]

Related

Pemerintahan 2007932476835603526

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item