Komitmen Pemkot Bima Mewujudkan Ruang Terbuka Hijau

Kantor Wali Kota Bima yang terlihat indah dan hijau. Foto istimewa Yohanes Untung, Viar Bima AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA - Pemeritah Kot...

Kantor Wali Kota Bima yang terlihat indah dan hijau. Foto istimewa Yohanes Untung, Viar Bima
AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Pemeritah Kota (Pemkot) Bima memiliki komitmen untuk mewujudkan ruang terbuka hijau. Komitmen tersebut, bahkan sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Bima Nomor 4 Tahun 2012, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bima Tahun 2011-2031, dimana telah mengamanatkan untuk mewujudkan minimal 30 persen ruang terbuka hijau di Kota Bima.

Hal itu ditegaskan Wakil Wali Kota Bima, HA Rahman H Abidin SE, pada kegiatan Aksi dan Festival Hijau yang digelar Tim Swakelola Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Kota Bima, Minggu Pagi (29/05), di Taman Ria Kota Bima.

Komitmen ‘menghijaukan’ kota tersebut, beberapa prestasi dan penghargaan telah diraih Kota Bima. Diantaranya Green City (Kota Hijau) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam ajang Indonesian Green Award (IGA), yang diterima langsung Wali Kota di Jakarta, 21 Mei 2016 lalu.

"Penghargaan ini diberikan karena Kota Bima dinilai memiliki komitmen politik untuk perencanaan tata ruang berwawasan lingkungan, yang salah satunya dengan peruntukan lebih dari 30 persen luas wilayah untuk ruang terbuka hijau. Program penanaman satu pohon sejuta manfaat yang dihadiri oleh Duta Lingkungan Hidup Indonesia (Iwan Fals), juga dianggap mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk melakukan penghijauan,” jelas Wakil Wali Kota Bima, HA Rahman H Abidin SE.

Ia mengatakan, penataan dan pembangunan water front city (kota tepian air) adalah salah satu bagian dari ikhtiar pembangunan kawasan strategis kota. Dalam kerangka water front city, sangat berkaitan erat dengan pengelolaan ruang terbuka hijau.

Selama ini, menurut Rahman, Pemkot Bima terus menggalakkan pembangunan dan gerakan ramah lingkungan atau go green. Pemkot sejak tahun lalu tengah menggencarkan program satu pohon sejuta manfaat. “Program-program itu tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dan kepedulian dari warga Kota Bima,” katanya.

Aksi dan Festival hijau diharapkannya dapat memberikan pemahaman dan kesadaran untuk lebih mencintai dan memelihara lingkungan sebagai sumber kehidupan. Besar pula harapannya, bahwa kegiatan semacam ini terus dilaksanakan untuk membangun dan menggugah partisipasi masyarakat untuk mencintai lingkungan. “Jaga dan rawatlah lingkungan dengan baik. Berikan warisan terbaik kepada anak cucu kita kelak yakni lingkungan yang bersih, baik dan bersahabat,” pesan Rahman.

Aksi dan Festival Hijau yang digelar P2KH dihadiri oleh Ketua GOW Kota Bima, Hj Badrah Ekawati A. Rahman, Kepala Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) beserta jajarannya, beberapa Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, pimpinan BUMN/BUM dan Forum Komunitas Hijau Kota Bima. Aksi dan Festival Hijau ini dirangkai dengan lomba menggambar dan mewarnai anak-anak.

Diketahui, P2KH merupakan program jangka panjang yang dilaksanakan secara konsisten oleh Pemerintah Pusat maupun daerah. Untuk mewujudkan atribut-atribut Kota Hijau secara bertahap dan berkelanjutan. Tahun 2015, P2KH difokuskan pada Kota/Kabupaten yang telah menunjukkan dan mengajukan permohonan minat secara konsisten yang salah satunya adalah Kota Bima.

Sebelumnya pada tanggal 11 Desember 2015 lalu, Piagam komitmen kota hijau diberikan oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PU Republik Indonesia di Jakarta kepada Pemkota Bima yang diterima oleh Wakil Wali Kota Bima. Piagam komitmen Kota Hijau tersebut, merupakan salahsatu dokumen yang menandakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menyetujui pelaksanaan program pengembangan Kota Hijau untuk Kota Bima, dan sepenuhnya mendukung penganggaran untuk pelaksanaan program pengembangan kota hijau di Kota Bima.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemkot Bima juga menunjukkan komitmen untuk melaksanakan aksi nyata yang positif. Hal itu dibuktikan dengan surat minat mengikuti program P2KH yang ditunjukkan dengan kesediaan dan kesiapan untuk alokasi APBD pendukung P2KH, menunjuk tim swakelola yang siap terlibat aktif dalam penyelenggaraan kegiatan program P2KH, dan memiliki komitmen yang tinggi dalam menyukseskan Program P2KH.

[dien/hum]

Related

Pemerintahan 4906482769615486306

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item