WiFi RW Se-Kota Bima Dilaunching, Inovasi Walikota HML untuk Menjawab Kebutuhan Infrastruktur Telekomunikasi di Era Digitalisasi

Walikota Bima HM Lutfi foto bersama dalam kegiatan launching WiFi RW se-Kota Bima. (akt) Aktualita, Kota Bima - Wali Kota Bima HM Lutfi mela...

Walikota Bima HM Lutfi foto bersama dalam kegiatan launching WiFi RW se-Kota Bima. (akt)

Aktualita, Kota Bima - Wali Kota Bima HM Lutfi melaunching (peluncuran perdana) program WiFi Rukun Warga (RW) se-Kota Bima, Jumat, 3 Februari 2023.

Launching teknologi internet berkecepatan tinggi tersebut, dipusatkan di RT 08 RW 03, Lingkungan Sigi, Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat. Kegiatan dihadiri sejumlah Camat, Lurah, Ketua RW dan RT se-Kota Bima. 

Sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkot Bima, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda juga turut hadir dalam kegiatan launching WiFi tersebut.

Diketahui, WiFi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. 

Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima, H. Mahfud melaporkan, program Wifi ini adalah program tahun 2022, Atas perintah Bapak Walikota segera diselesaikan sampai Januari 2023. "Untuk tahun 2023, insyaAllah akan selesai semua dipasang," katanya.

Ia mengatakan, Kota Bima ini kota cerdas, sehingga banyak pemerintah dari daerah lain sering berkunjung ke Kota Bima. Ke depan Pemerintah Indonesia menjalankan roda pemerintahan menggunakan sistem dengan teknologi berbasis digital. "Sehingga mau tidak mau kita harus memasang semua jaringan internet di seluruh wilayah Kota Bima," pungkasnya.

Pejabat PT Telkom Cabang Bima, Yanti Sartika menyebut, ada sebanyak 150 Wifi di seluruh wilayah Kota Bima. Ini terpasang bukan saja di dinas-dinas, tapi juga di rumah pejabat serta lingkungan RT dan RW.

"Dari sebanyak itu baru 50 persen yang baru bisa kita aktifkan. Insya Allah dalam waktu dekat semuanya 150 wifi akan kami aktifkan," katanya.

Walikota Bima HM Lutfi menjelaskan, Kota Bima dicanangkan sebagai Kota Transit karena itu tertuang dalam gagasan visi dan misi. Pelayanan masyarakat, katanya, langsung bisa sampai ke bawah. 

"Selama ini pelayanan terhambat, maka itu saya langsung bergerak untuk pelayanan secara cepat, maka itu tidak ada dinas yang boleh loyo," katanya.

Walikota mengatakan, Fungsi HP setiap RT sangat banyak sekali. Terutama untuk memberikan informasi tentang semua hal seperti kematian, kondisi jalan dan lainnya.

"Tahun 2023 ini kita buat di setiap sudut-sudut harus terpasang semua WiFi agar siapapun yang masuk ke Kota Bima terpenuhi kebutuhan akan infrastruktur telekomunikasi, internet dan lain-lainnya," tegas Walikota. "Internet publik ini untuk menjawab kebutuhan infrastruktur telekomunikasi di era digitalisasi saat ini," lanjutnya.

Kepada Ketua RT, Ia berharap, jangan biarkan lingkungan kumuh. "Ribuan rumah sudah kita perbaiki dan ribuan rumah sudah kita relokasi," ujarnya 

"InsyaAllah ke depan kita buat bendungan. Semua ini nanti akan memenuhi kebutuhan air untuk pertanian," tambahnya.

Walikota melanjutkan, dirinya bercerita ke Presiden Jokowidodo bahwa Kota Bima ini sangat indah di malam hari dan banyak kemajuan yang dilakukan.

"Ini dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang saya raih skala nasional. Itu menandakan birokrasi kita berjalan sesuai harapan ideal," pungkasnya.

Usai melaunching Wifi RW se Kota Bima, Walikota Bima meninjau lokasi pemasangan Wifi di RW 03 Kelurahan Paruga.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 2553896414892819456

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item