Uji Publik Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD, KPU Kota Bima Sampaikan 2 Rancangan

Suasana kegiatan uji publik rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Bima (akt). Aktualita, Kota Bima - Komisi Pemilihan...

Suasana kegiatan uji publik rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Bima (akt).

Aktualita, Kota Bima - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melakukan uji publik terkait rancangan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Bima pada Pemilu 2024. 

Kegiatan uji publik digelar siang hari di Hotel Mutmainah Kota Bima, Kamis, 15 Desember 2022.

Ketua KPU Kota Bima, Mursalin, mengatakan, sebelumnya KPU Kota Bima telah melaksanakan rapat pleno terkait materi uji publik. Terdapat 2 rancangan yang dihasilkan dalam rapat pleno tersebut.

Rancangan pertama, sebut Mursalin, yaitu tiga Dapil yang meliputi Dapil 1 Kecamatan Rasanae Timur dan Raba, Dapil 2 Kecamatan Mpunda dan Rasanae Barat, Dapil 3 Kecamatan Asakota. "Dengan alokasi kursi anggota DPRD Kota Bima sebanyak 25 kursi," sebutnya

Kemudian, rancangan kedua yang disusun KPU Kota Bima sebanyak 5 Dapil. Meliputi, Dapil 1 Kecamatan Mpunda, Dapil 2 Kecamatan Mpunda, Dapil 3 Kecamatan Asakota, Dapil 4 Kecamatan Raba dan Dapil 5 Kecamatan Rasanae Timur. 

"Jumlah alokasi kursi anggota DPRD Kota Bima juga sama, yakni 25 kursi," katanya.

Mursalin menjelaskan, maksud dan tujuan uji publik dilakukan untuk menerima saran dan masukan dari masyarakat terkait rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota dewan. Selanjutnya KPU Kota Bima akan menyampaikan saran dan masukan tersebut kepada KPU Provinsi yang kemudian dilanjutkan ke KPU RI. "Hasil dari uji publik yang meliputi saran dan pendapat dari masyarakat, akan kami masukan ke dalam berita acara," imbuhnya.

Hasil uji publik rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi dewan, akan menjadi pertimbangan KPU RI untuk menentukan Dapil di Kota Bima. "Apakah rancangan 1 atau rancangan 2 yang ditetapkan nantinya," tandas Mursalim.

Ia menambahkan, Parpol peserta Pemilu di Kota Bima pada Pemilu 2024 ditetapkan sebanyak 17 Parpol. Penetapan ini setelah KPU Kota Bima melakukan verifikasi syarat secara keseluruhan.

Kegiatan uji publik rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Bima diikuti Ketua Bawaslu Kota Bima, sejumlah pengurus Parpol peserta Pemilu 2024, akademisi, sejumlah elemen pemerintah dan masyarakat.

[akt.01]

Related

Politik 5744484081015344854

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item