Undang Wartawan, KPU Kabupaten Bima Sosialisasi Pemilu 2024

  Anggota KPU Kabupaten Bima dan narasumber Sosialisasi Pemilu Serentak 2024. Aktualita, Bima - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, ...

 

Anggota KPU Kabupaten Bima dan narasumber Sosialisasi Pemilu Serentak 2024.
Aktualita, Bima - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, melaksanakan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Kamis, 27 Oktober 2022.

Sosialisasi yang dilaksanakan di aula kantor setempat, berbasis komunitas jurnalis dengan tema "peran media massa dalam mengawal pemilu serentak 2024,".

Komisioner KPU Kabupaten Bima, Yudi Candra Nan Arif menyampaikan terima kasih kepada Pers yang selalu mengawal pemilu. 

Pers kata dia, memiliki peran penting sebagai pilar keempat demokrasi. Sejarah Pers juga berpengaruh dalam membangun Demokrasi di negeri ini. 

"Kekuatan Pers cukup berpengaruh. Sehingga kekuasaan di luar pemerintahan itu adalah kekuatan independen pers," ungkapnya. 

Mengenai pemilu jelas dia, ada empat tahapan yang sedang dijalankan oleh KPU Kabupaten Bima, yaitu tahapan verifikasi faktual parpol, sosialisasi, penataan dapil dan pemuktahiran data pemilih. 

"Kalau sosialisasi, kita sudah laksanakan sejak tahapan pemilu dilaunching," jelasnya. 

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Bima lainnya, Ady Supriadin menambahkan, satu di antara indikator untuk mengukur keberhasilan dan kegagalan Pemilu, yakni dari partisipasi masyarakat, termasuk peran media massa.

Maka KPU Kabupaten Bima, pada pemilu ini terus mendorong agar terwujudnya tidak hanya kuantitas partisipasi, tapi juga dari segi kualitas.  

"Salah satu yang kami terus lakukan yakni memberikan pendidikan pemilu," terangnya. 

Ady menjelaskan, pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu yakni sebagai wujud tanggungjawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Juga sebagai tolak ukur tingkat pemahaman dan keterlibatan masyarakat, dalam agenda kenegaraan. 

"Selain itu juga sebagai salah satu indikator legitimasi dan kepercayaan masyarakat, kepada pemimpin atau wakil rakyat terpilih baik di level lokal maupun nasional," paparnya.

Sosialisasi turut menghadirkan narasumber dari Koordinator Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bima Sofiyan Asy'ari dan Anggota Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin.

Sedangkan semua peserta berasal dari unsur wartawan media cetak, media online serta media elektronik di Kota dan Kabupaten Bima. Diakhir kegiatan ditutup dengan deklarasi bersama wartawan untuk mendukung suksesnya Pemilu Serentak 2024.

[akt.02]

Related

Politik 4885600120212752313

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item