Rumah Seorang Janda di Kota Bima Terbakar, Seluruh Harta Benda Ludes Dilalap Si Jago Merah

 Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di bagian belakang rumah terbakar. Aktualita, Kota Bima - Rumah panggung 9 tiang milik Hj Sit...

 Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di bagian belakang rumah terbakar.

Aktualita, Kota Bima - Rumah panggung 9 tiang milik Hj Siti Maryam (72 thn), warga Kelurahan Lewirato, Kecamatan Mpunda, Kota Bima hangus terbakar, Selasa, 11 Oktober 2022.

Tidak hanya itu, semua harta benda nenek yang telah ditinggal mati suami tercintanya ini ludes dilalap si jago merah. 

Perhiasan emas, uang tunai, pakaian dan perabot rumah tidak ada yang dapat diselamatkan. Kerugian sang nenek diperkirakan Rp100 juta dalam peristiwa tersebut.

Menurut keponakan kandung korban, Jaidun, Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 Wita. Saat itu Hj. Siti Maryam sedang duduk santai di warung bakso tetangganya yang berjarak sekitar 10 meter di depan rumah.

"Bibi saya (Hj Siti Maryam) kaget melihat api dalam rumah dan langsung beranjak dan berteriak," katanya di lokasi kebakaran.

Mendengar teriakan korban, Jaidun dan tetangga sekitar gegas menuju rumah terbakar. Berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun, kata dia, api membesar dan menjalar pada seluruh bagian rumah. Kobaran api tidak dapat dipadamkan dengan peralatan seadanya, apalagi rumah dan isinya dipenuhi barang-barang yang mudah terbakar. "Di bawah kolong rumah juga banyak kayu yang disimpan bibi saya," sebut Jaidun.

Hj Siti Maryam, lanjut dia, tinggal bersama seorang cucu perempuan. Untungnya, saat kebakaran korban dan cucunya tidak berada dalam rumah. "Syukurnya bibi dan keponakan saya tidak ada dalam rumah," pungkas Jaidun.

Lurah Lewirato, Munir Hariadin, bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Ia prihatin dengan musibah itu karena seluruh harta benda korban ludes terbakar. "Musibah yang tak kuasa dielak," ujarnya di sela-sela membersihkan rumah korban.

Munir menuturkan, sumber api kebakaran tersebut diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik (korsleting). "Di bawah kolong rumah Hj Siti Maryam terdapat barang-barang yang mudah terbakar seperti bensin, gas LPG dan kayu sehingga menjadi pemicu menjalarnya api," ungkapnya.

Tapi untungnya, lanjut dia, api tidak menjalar ke rumah lain karena 2 unit mobil pemadam kebakaran milik Dinas Damkar Kota Bima cepat tiba di lokasi. Petugas pemadam kebakaran langsung bertindak memadamkan api dari arah depan dan belakang rumah.

"Tidak berselang lama setelah kejadian, pihak Dinas Sosial Kota Bima langsung turun memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban," pungkas Munir.

[akt.01]

Related

Hukrim 89860118626144075

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item