Dorong Peningkatan Parmas, KPU Edukasi Pemilih di Desa Laju dan Woro

Kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di Desa Laju Kecamatan Langgudu, Jumat (24/9) pagi. Aktualita, Bima - Komisi Pemilihan Umum (KPU...

Kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di Desa Laju Kecamatan Langgudu, Jumat (24/9) pagi.

Aktualita, Bima - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima memberikan edukasi pemilih kepada masyarakat Desa Laju Kecamatan Langgudu dan Desa Woro Kecamatan Madapangga, Jumat (24/9) pagi. 

Ketua Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin menjelaskan bahwa program pendidikan pemilih di dua desa hari ini merupakan kegiatan rutin KPU di masa non tahapan. 

"Melalui edukasi pemilih ini kita ingin mendorong adanya peningkatan partisipasi masyarakat untuk pemilu dan pemilihan berikutnya," jelas dia. 

Berdasarkan data KPU Kabupaten Bima sebutnya, Desa Laju dan Desa Woro masuk dalam kategori desa dengan angka partisipasi rendah saat Pemilihan 2020 lalu. Yaitu di bawah target nasional 77,5 persen.

KPU kata Ady, ingin mengurai dan mendengar langsung dari masyarakat apa sebenarnya problem yang dihadapi dua desa tersebut sehingga partisipasi pemilihnya di bawah standar. 

"Kalau sudah terungkap tentu kita bisa merumuskan solusi dan upaya perbaikan untuk hajatan demokrasi berikutnya," papar dia.

Saat turun di dua desa tersebut, KPU Kabupaten Bima membagi tim agar lebih efektif. Di Desa Woro dikoordinir Ketua KPU Kabupaten Bima sedangkan di Desa Laju dikoordinir Ketua Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih. Pihaknya juga melibatkan narasumber dari pihak luar untuk memberikan testimoni terkait problem partisipasi pemilih.

Rencananya, program pendidikan pemilih ini akan menargetkan 6 desa di Kabupaten Bima dengan kategori problem yang berbeda. Selain soal partisipasi, ada juga soal potensi pelanggaran pemilu tinggi, rawan bencana dan rawan konflik. 

[akt.03]

Related

Politik 7395536837375820020

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item