Pasar Lebaran di Kawasan Amahami Dibubarkan, Kapolres: Kalau Ngeyel Ditindak Tegas

  Aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Kota Bima membubarkan Pasar Lebaran di kawasan Amahami, Jumat (7/5). AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA - ...

 

Aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Kota Bima membubarkan Pasar Lebaran di kawasan Amahami, Jumat (7/5).

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Pasar Lebaran di kawasan Ama Hami Kota Bima, menuai kontroversi karena digelar di tengah kondisi pandemi Covid-19. Berbagai elemen masyarakat pun menyorot sikap Pemkot Bima yang merekomendasikan gelaran pasar lebaran yang mengundang kerumunan tersebut.

Menyikapi itu, aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP Kota Bima langsung turun membubarkan pasar lebaran yang digelar sejak 3 Mei lalu. Setelah sebelumnya, dilakukan rapat koordinasi antar aparat keamanan dengan pihak Pemkot yang diwakili Sekda Kota Bima Drs H Mukhtar dan Kasat Pol PP Drs M Nor Majid.

Pembubaran Pasar Lebaran dipimpin langsung Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono, Jumat (7/5). Didampingi Dandim Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal dan Kasat Pol PP M Nor Majid.

"Karena melihat kondisi yang tidak memungkinkan dengan situasi pandemi sekarang ini, kami menghentikan aktivitas pasar lebaran ini," kata Kapolres.

Pembubaran tidak dilakukan secara paksa. Tetapi dilakukan secara persuasif dengan meminta kesadaran para pedagang untuk membongkar barang dan tempat dagangannya masing-masing.

"Tadi kita minta kesadaran masing-masing. Melalui ketua panitia, agar bisa memberikan pemahaman kepada para pedagang untuk membongkar sendiri," ujarnya.

Kapolres memastikan, aktivitas pasar lebaran tidak boleh lagi dijalankan mulai hari ini. Semua tenda tempat dagangan harus sudah dibongkar. Jika tidak diindahkan, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

“Kalau pada malam hari nanti masih berjualan, terpaksa kami akan ambil tindakan tegas. Bentuknya, bisa menyita berang-barangya dan bahkan bisa juga kita amankan pedagangnya kalau tetap ngeyel,” tandas Kapolres.

Tidakan tegas itu maksudnya, agar tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kota Bima. Pasalnya, kegiatan tersebut mengundang kerumunan dan melanggar protokol kesehatan Covid-19. “Lebih baik ditindak tegas daripada penyebaran virus corona meluas,” imbuhnya.

Untuk memastikan tidak ada lagi aktivitas Pasar Lebaran, Kapolres akan menempatkan sejumlah personil gabungan. Mereka akan menjaga dan memantau lokasi setempat, agar benar-benar steril dari aktivitas pasar lebaran.

[akt.01]

Related

Hukrim 6551336934114049387

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item