Gerak Cepat Polsek Pajo Tangani Longsor dan Banjir

Personil Polsek Pajo saat menggeser bongkahan batu akibat tanah longsor yang terjadi di Jalan Lintas Felo Janga, Jumat lalu. AKTUALITA.INFO ...

Personil Polsek Pajo saat menggeser bongkahan batu akibat tanah longsor yang terjadi di Jalan Lintas Felo Janga, Jumat lalu.

AKTUALITA.INFO, Dompu – Belakangan ini wilayah Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu terjadi sejumlah peristiwa alam. Beberapa bulan lalu, wilayah selatan Bumi Nggahi Rawi Pahu ini dihantam angin puting beliung hingga merobohkan sejumlah rumah warga.

Jumat (5/2), di wilayah setempat kembali dilanda dua bencana berturut-turut. Tanah longsor sekira pukul 15.00 Wita, kemudian banjir terjadi pada pukul 20.00 Wita.

Kapolsek Pajo Polres Dompu IPTU Abdul Malik, SH, langsung bergerak cepat merespons peristiwa tersebut. Sabtu (6/2), Kapolsek bersama personil turun meninjau lokasi dan melakukan pembersihan batu dan material di lokasi tanah longsor.

Personil Polsek Pajo saat menyalurkan air bersih 
bagi warga terdampak banjir.

Sedangkan di lokasi banjir, Kapolsek dan personil membantu masyarakat membersihkan saluran irigasi yang dipenuhi tumpukan sampah. Selain itu, menyuplai air bersih untuk warga. Gerak cepat personil Polsek Pajo ini diapresiasi warga setempat.

Kapolsek Pajo melalui Paur Subbag Humas Polres Dompu AIPTU Hujaifah mengatakan, banjir yang melanda Desa Jambu terjadi karena tingginya intensitas hujan. Ditambah lagi dengan sampah yang menumpuk di setiap saluran air.

"Kita lakukan pengecekan, banyak sekali tumpukan ranting-ranting kayu dan endapan lumpur dari atas gunung masuk ke parit. Akibatnya aliran air terhambat hingga meluap ke pemukiman warga,” katanya, Sabtu (6/2).

Melihat kondisi saluran air memperihatinkan, Kapolsek langsung memerintahkan personil untuk membantu warga membersihkan saluran tersebut.

"Warga sangat antusias setelah kehadiran anggota. Mereka kompak turun membersihkan parit tersebut," ungkap Hujaifah.

Pada kesempatan yang sama, sebagian personil Polsek Pajo bergerak ke lokasi tanah longsor di jalan Lintas Felo Janga. Mereka membersihkan batu-batu kecil dan menggeser batu besar yang sempat menutupi badan jalan.

"Arus lalulintas menuju tempat wisata Felo Janga sempat tersendat, karena material tanah longsor menutupi badan jalan," tuturnya.

Hujaifah berujar, kegiatan pembersihan berakhir sekitar pukul 12.10 Wita. Kini, akses jalan setempat sudah bisa dilalui kembali. "Semua berjalan dengan lancar serta situasi terpantau aman dan kondusif," pungkasnya.

[akt.01]

Related

Ragam 7110813445928999465

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item