Banjir Bandang Terjang Tiga Desa di Kabupaten Dompu, Ratusan Rumah Rusak Berat

  Mobil pick up milik warga yang terhempas diterjang banjir bandang. AKTUALITA.INFO , Dompu – Tiga desa di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu ...

 

Mobil pick up milik warga yang terhempas diterjang banjir bandang.

AKTUALITA.INFO, Dompu – Tiga desa di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu diterjang banjir bandang, Minggu (28/2). Ratusan rumah dan sejumlah kendaraan milik warga, termasuk sejumlah fasilitas umum rusak parah.

Banjir bandang yang menerjang Desa Daha, Desa Marada dan Desa Rasabou terjadi Minggu (28/2), sekitar pukul 02.00 Wita. Akibat hujan lebat yang terus mengguyur kecamatan setempat, sejak Sabtu malam pukul 23.30 Wita hingga Minggu dini hari.

“Banjir ganas yang disebabkan oleh hujan deras mengejutkan banyak pihak. Karena banjir kali ini datang di saat warga sedang tertidur pulas,” ujar Kapolsek Hu’u IPDA M Norkurniawan melalui Paur Subbag Humas Polres Dompu AIPTU Hujaifah.

Bencana tak terduga itu meluluhlantakan tiga desa setempat. Sedikitnya 36 unit rumah warga hanyut terbawa arus. Sebanyak 443 rumah lainnya rusak berat, sedang dan ringan. “Pagar Masjid Miftahul Jannah di Desa Daha juga roboh,” sebutnya.

Selain itu, 1 unit mobil pick up, 15 unit sepeda motor, 6 ekor sapi, 5 ekor kerbau dan puluhan kambing hanyut terbawa arus banjir. Termasuk lahan seluas 50 hektare tidak luput dari terjangan banjir, sehingga tanaman terancam gagal panen.

“Personil Polsek dan Koramil Hu’u langsung turun meninjau lokasi, sekaligus membantu warga membereskan sisa-sisa barang yang berserakan. Termasuk membersihkan reruntuhan rumah yang hancur,” tutur Hujaifah.

Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Hu'u sejak Sabtu pukul 23.00 Wita hingga Minggu pukul 05.00 Wita. Sehingga menyebabkan air hujan dari beberapa anak sungai di atas gunung, meluap ke daerah aliran sungai (DAS) induk yakni Sungai Sori Rewa. “Sungai Sori Rewa mengalir melalui perkampungan Desa Daha,” katanya.

Hingga saat ini, tim gabungan dari unsur kepolisian, TNI, BPBD dan pihak terkait lainnya masih berbagi koordinasi dengan warga terdampak banjir. Untuk diambil tindakan penanganan lebih lanjut. 

Sementara itu, Danramil 1614-03/Hu'u Kapten Inf M Syafi’i mengatakan, warga terdampak banjir diungsikan sementara di rumah masyarakat atau kerabat yang luput dari banjir bandang tersebut.  

Saat ini kata dia, aparat keamananan sedang mendata korban banjir dan membantu warga yang terdampak. “Untuk sementara tidak ada ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” katanya. 

[akt.03]

Related

Ragam 3894523666775736255

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item