Tembus Target Nasional, Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak di Kabupaten Bima Capai 82 Persen

Anggota KPU Kabupaten Bima Ady Supriadin (kanan) saat sosialisasi ke para pedagang di Pasar Sape jelang pemungutan suara. [akt] AKTUALITA.IN...

Sosialisasi KPU
Anggota KPU Kabupaten Bima Ady Supriadin (kanan) saat sosialisasi ke para pedagang di Pasar Sape jelang pemungutan suara. [akt]

AKTUALITA.INFO, BIMA-Angka partisipasi pemilih pada Pilkada Kabupaten Bima 2020 mencapai 82 persen. Partisipasi ini sangat bagus di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi sekarang ini.

Anggota KPU Kabupaten Bima Ady Supriadin mengatakan, angka partisipasi tersebut setelah pleno hasil rekapitulasi pada 18 kecamatan. KPU Kabupaten Bima merekapitulasi awal untuk angka partisipasinya mencapai 82 persen.

“Angka partisipasi yang diraih KPU Kabupaten Bima ini, sudah melampaui target nasional sebesar 77,5 persen,” katanya, Selasa (15/12).

Jika melihat hasil Pilkada tahun 2015 lalu sebut Ady, ada peningkatan angka partisipasi. Pilkada periode lima tahun lalu itu, angka partisipasi pemilih sekitar 60 persen.

“Peningkatan cukup luar biasa untuk angka partisipasi pada Pilkada tahun ini. Ini di luar ekspektasi kita karena Pilkada tahun ini dilaksanakan di masa pandemi Covid-19,” ungkap Ketua Devisi SDM, Sosdiklih dan Parmas KPU Kabupaten Bima ini.

Kemudian pada hari pemungutan suara lanjut dia, di sebagian wilayah Kabupaten Bima terdampak cuaca buruk. Sejumlah kendala dihadapi anggota KPPS seperti hujan dan angin kencang hingga merobohkan TPS dan lainnya.

“Tapi kendala ini tidak  menyurutkan para pemilih untuk hadir memberikan hak pilihnya di TPS,” tandasnya.

KPU Kabupaten Bima kata Ady, menyampaikan apresiasi pada penyelenggara tingkat bawah. Terutama, KPPS yang melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember lalu. “Begitu juga teman-teman PPS dan PPK yang telah membantu pelaksanaan sosialisasi,” sebut Ady.

Untuk tingkat Provinsi NTB tambah dia, KPU Kabupaten Bima termasuk daerah dengan angka partisipasi pemilih cukup tinggi. Karena ada daerah di NTB yang melaksanakan Pilkada, tidak mampu menembus target nasional 77,5 persen.

Masyarakat aktif datang ke TPS, mengikuti protokol kesehatan dan hadir sesuai jadwal yang diberikan KPU.  Kemudian kerja aktif penyelenggara di tingkat Ad Hoc, sehingga seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar,” ujar mantan wartawan ini.

[akt.01]
Lokasi: Bima, Nusa Tenggara Bar., Indonesia

Related

Politik 5479151433951777937

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item