Kodim Bima Melalui Koramil Donggo Simulasi Pungut Hitung Suara Pilkada Bima

Simulasi Pungut Hitung di TPS 2 Dermaga Bajo yang digelar Kodim Bima melalui Koramil Donggo. AKTUALITA.INFO , BIMA-Kodim 1608 Bima melalui 1...

Simulasi Pungut Hitung di TPS 2 Dermaga Bajo yang digelar Kodim Bima melalui Koramil Donggo.


AKTUALITA.INFO, BIMA-Kodim 1608 Bima melalui 1608-05/Donggo, melaksankan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020. Simulasi dilaksankan di dermaga Bajo (TPS 2) Desa Bajo Kecamatan Soromandi, Sabtu (5/12) lalu.

Kegiatan tersebut dipimpin Danramil Kapten Inf Seninot Sribhakti, dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid 19. Diahdiri Camat Soromandi Julkifli SH MHum, Kasubsektor Soromandi  Brigadir Yono, Pol Airud Polres Bima, Ketua PPK Soromandi beserta anggota, Ketua PPS beserta anggota se Kecamtan Soromandi dan Anggota POL PP Kec Soromandi

Kapten Inf Seninot menjelaskan, simulasi pencoblosan dengan standar Covid-19 dimulai dari pengawalan kotak suara oleh Pol PP, Bhabinkamtibmas dan Babinsa dr Kantor Desa Bajo menuju TPS 2 Bajo.

Petugas PPS kata dia, mengecek kelengkapan logistik Pemilu. Bila sdh lengkap, selanjutnya warga dipanggil oleh petugas PPS sesuai undangan C6 yg diterima oleh PPS untuk mencoblos.

Sebelum masuk pintu TPS 2, warga dicek suhu tubuhnya oleh petugas.  Bila aman, langsung mencuci tangan dan memakai sarung tangan.

“Setelah itu, mengambil surat suara untuk melakukan pencoblosan sesuai C6 yang sudah diterima oleh PPS. Apabila ada warga yang suhu tubuhnya tinggi, maka mencoblos di bilik khusus,” jelas Seninot. 

Untuk pemilihan pada 9 Desember 2020, dimulai pukul 06.00 Wita. Petugas PPS sudah mulai bekerja mengecek kelengkapan logistik surat suara dan mengambil sumpah petugas PPS.

Pencoblosan sendiri kata Seninot, dimulai pukul 07.00 Wita hingga 12.00 Wita. Pukul 13.00 Wita, sudah dimulai penghitungan suara.  “Apabila ada warga yang datang mau mencoblos sebelum penghitungan, diberi kesempatan untuk mencoblos. Apabila sudah mulai penghitungan, tidak boleh," tandasnya.

Terpisah, Komandan Kodim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal mengharapkan, kegiatan simulasi ini dapat merepresentasikan proses pemungutan dan penghitungan suara yang sesungguhnya. Baik dari sisi tata cara dan ketentuannya, maupun dari sisi waktu yang dibutuhkan.

Simulasi juga diharapkan dapat diketahui berbagai kendala dan permasalahan yang kemungkinan timbul. Selain itu, diketahui kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat diantisipasi sejak dini.

“Pada pelaksanaanya nanti diharapkan dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses,” harapnya.

Mantan Danyonif Raider Sus 744/SYB menambahkan, satu hal yang paling penting adalah mewujudkan kondusifitas wilayah. Baik pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan maupun pasca pemungutan suara.

“Kita berkomitmen untuk berbuat yang terbaik dalam mengantisipasi serta mengambil langkah yang cepat dan tepat. Dalam menyikapi berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkada,” pungkasnya.

[akt.01]

Related

Politik 8327362053275725062

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item