FGD Pengembangan UMKM Hasilkan Sejumlah Solusi

Suasana kelompok diskusi terpimpin di basecamp IPEMI Bima. AKTUALITA.INFO , BIMA-Solidaritas Untuk Demokrasi (SOLUD) dan Ikatan Pengusaha Mu...

FGD
Suasana kelompok diskusi terpimpin di basecamp IPEMI Bima.

AKTUALITA.INFO, BIMA-Solidaritas Untuk Demokrasi (SOLUD) dan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Bima, mengadakan focus discussion group (FGD). Tentang metode pengembangan kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten Bima.

FGD atau diskusi kelompok terpimpin berlangsung di Basecamp IPEMI, Jalan Jambu Nomor 4B  Lingkungan Waki Kelurahan  Manggemaci Kecamatabn Mpunda Kota Bima , didukung oleh Tim Penguatan Ekonomi Kreatif Terintegrasi (PEKAT) yang diinisiasi Polda NTB.

Ketua SOLUD Safriatna Ach mengatakan, kegiatan ditujukan untuk merumuskan formula dalam pengembangan pelaku UMKM.

FGD kata dia, merupakan wahana untuk menggali informasi pengembangan usaha dan ekonomi masyarakat serta berbagi informasi terkait potensi kolaborasi, peluang kerjasama dan dukungan oleh instansi terkait.

Safriatna mengungkapkan, terdapat sejumlah masalah dihadapi UMKM yang perlu mendapatkan solusi berkelanjutan. Permasalahan yang mengemuka antara lain, minimnya pengetahuan, jaringan usaha, belum adanya manajemen usaha dan kekurangan modal. 

“Pada aspek pasar, UMKM tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. Ketidak seimbangan biaya produksi dengan harga jual dan kualitas produk, tidak mampu bersaing dengan produk lain,” jelasnya.

Selain itu lanjut dia, aspek budaya seperti pemilihan bahan yang kurang berkualitas, penentuan harga yang tidak proporsional, kurangnya semangat bersaing, belum adanya kolaborasi antar-kelompok usaha. Menjadi masalah yang perlu mendapatkan solusi.

“Disamping masih adanya kelompok disabilitas yang memiliki usaha, tapi belum mendapatkan pola dukungan secara berkelanjutan,” ungkap Safriatna.

Sementara, Ketua IPEMI Kabupaten Bima Fitriani SE mengatakan, FGD merupakan tindak lanjut dari roadshow dialog pengembangan ekonomi yang sudah dilaksanakan di beberapa kecamatan. Antara lain, Kecamatan Wawo, Sape, Lambu, Soromandi, Bolo dan Woha.

Pertemuan tersebut jelas Fitriani, merupakan puncak dari kegiatan roadshow diskusi SEHAT (Steril, Ekonomi, Harmonis, Asri dan Tangguh). Diskusi dan penataan potensi pengembangan UMKM di desa-desa, serta pemberian dukungan sarana dan prasaran usaha yang secara khusus mengundang pejabat dinas terkait di Kabupaten Bima.

Dinas-dinas itu sebut Fitriani, yakni Bappeda, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Sosial dan Dinas Kominfostik.

Di tingkat komunitas juga kata dia, diikuti Komunitas LARIMPU, Kelompok UMKM dampingan IPEMI, Kelompok UMKM dampingan SOLUD, Pengurus IPEMI, Pengurus Perkumpulan SOLUD dan  Tim Penguatan Ekonomi Kreatif Terintegrasi (PEKAT).

Dalam diskusi itu selanjutnya merumuskan secara bersama pola dukungan. Antara lain, DPMD siap mefasilitasi kelompok UMKM dengan pemerintah desa dalam rangka keberpihakan pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Instansi lainnya seperti Bappeda, siap memfasilitasi pertemuan antara pelaku usaha dengan pengusaha. Demikian halnya IPEMI, mendukung dalam pengurusan ijin usaha hingga pemberian PIRT. Dinas Tenaga Kerja memiliki program untuk pelatihan dan bantuan peralatan usaha dan Dinas Sosial memiliki program untuk dukungan disabilitas.

[akt.02]

Related

Pemerintahan 1511165654688538338

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item