Anggaran Penanganan Covid-19 Belum Tersedia, Tim Medis Masih Pakai APD yang Berisiko

Ilustrasi APD sederhana dikenakan tim medis (google) AKTUALITA.INFO , BIMA - Sepekan terakhir, DPRD Kabupaten Bima melalui Komisi IV te...

Ilustrasi APD sederhana dikenakan tim medis (google)

AKTUALITA.INFO, BIMA - Sepekan terakhir, DPRD Kabupaten Bima melalui Komisi IV terus memonitor kesiapan jajaran tim medis menghadapi wabah Covid-19. Komisi yang membidangi kesehatan ini selalu berkoordinasi dengan instansi kesehatan terkait, untuk membahas kesiapan dan aktivitas dalam mencegah penyebaran virus mematikan itu.

Seperti Selasa pekan lalu, Ketua Komisi IV Ilham Yusuf SH, Wakil Ketua H Adlan SPd, Sekretaris Ardiwin SH dan anggota Komisi IV lainnya melakukan rapat koordinasi (Rakor) terbatas dengan Kepala Dikes dan jajarannya. Kamis (26/3) dan Jumat (27/3), berlanjut memonitor dan Rakor dengan RSUD Bima dan RSUD Sondosia.

"Kegiatan Komisi IV ini sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD untuk mengetahui sekaligus memastikan sejauhmana kesiapan tim kesehatan kita, dalam melakukan langkah-langkah pencegahan mewabahnya virus corona di Kabupaten Bima," jelas Ilham Yusuf.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, diakuinya, untuk saat ini di Dikes Kabupaten Bima belum tersedia anggaran untuk pembelian berbagai kebutuhan. Terutama, untuk penyediaan alat pelindung diri (APD) bagi para dokter dan tenaga medis.

Hal yang sama juga dijumpai di RSUD Sondosia. Ilham mengaku, di RSUD setempat belum terbentuk tim penanganan Covid-19. Bahkan katanya, APD yang digunakan dokter dan tim medis lainnya ialah buatan sendiri yang tentu beresiko.

"Itu dari temuan kita di lapangan. Kita berharap Bupati Bima bisa mengambil langkah-langkah yang lebih cepat dan kongkrit untuk mendukung tugas para tim kesehatan kita,” harap Ilham.

Dikatakannya, Pemkab Bima memiliki anggaran tak terduga yang bisa digunakan untuk memenuhi hal tersebut. Sehingga tim medis dapat bekerja dengan standar keamanan yang lebih baik.

“Kita punya dana tidak terduga yang bisa digunakan untuk itu. Dokter dan tenaga medis saat ini adalah harapan kita semua yang ada di garda terdepan melawan virus ini, sehingga harus diberi dukungan penuh," tegasnya.

Sementaran itu, menindaklanjuti terkait anggaran dalam penanganan Covid-19 ini, Ilham mengatakan, akan secepatnya berkoordinasi dengan Pimpinan DPRD untuk membahasnya ini bersama eksekutif.

[akt.02]

Related

Headline 6709715682750479427

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item