Lurah Tanjung Undur Diri, ini Penyebabnya...

Kantor Kelurahan Tanjung AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA – Lurah Tanjung, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, H...

Kantor Kelurahan Tanjung

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Lurah Tanjung, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Husen SPt, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai lurah. Informasinya, Husen yang sudah dua tahun lebih menjabat lurah, mundur dari jabatannya karena alasan kesehatan, sering sakit sehingga tidak bisa maksimal melaksanakan tugas.

Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni, yang dikonfirmasi Aktualita.info, Selasa, 13 Agustus 2019, membenarkan informasi tersebut. “Iya benar, beliau (Lurah Tanjung) undur diri. Surat pengunduran dirinya disampaikan langsung kepada Wali Kota Bima dan telah disetujui,” katanya.

Alasan pengunduran diri Lurah Tanjung, lanjut Camat, karena merasa sudah tidak bisa maksimal melaksanakan tugas karena sakit. “Karena kesehatan saja, beliau sering sakit,” ujarnya.

Camat mengatakan sebenarnya sudah dua minggu yang lalu Lurah Tanjung mengajukan surat pengunduran diri. “Tapi saya tahan dulu karena kinerjanya bagus. Apalagi kita saat ini dihadapkan dengan dana kelurahan dan kompleksnya persoalan di masyarakat. Saya butuh figur-figur sepertinya, karena warga tanjung menghormatinya,” ungkapnya.

Camat mengaku awalnya tidak percaya Lurah Tanjung mengundurkan diri. Bahkan Camat memberikan semangat agar bertahan. “Saya tanya, betul karena kesehatan saja, apa tidak ada yang lain?. Jawabnya, daripada saya tidak menjalankan maksimal amanah dan perintah atasan karena sakit-sakitan, lebih baik saya mengundurkan diri ibu Camat,” katanya meniru Lurah Tanjung.

Bahkan Camat telah mengingatkan Lurah Tanjung bahwa pengunduran diri bukan masalah sepele. Jelas akan memunculkan penilaian negatif dan berdampak pada psikologis keluarga. “Nantikan turun ke staf. Pikirlah bagaimana pengaruh psikologis anak, istri dan keluarga. Haruslah dipikirkan pak lurah. Tapi jawabnya ini nawaitu saya bu camat, sudah saya beri pengertian ke anak istri dan keluarga,” terangnya.

Bahkan, dua minggu lalu Camat pernah menyampaikan kepada Wali Kota agar tidak menyetujui pengunduran diri Lurah Tanjung tersebut. “Tapi Pak Wali bilang jangan sampai kita mempertankan, tapi kesehatan orang tidak kita pikirkan. Nanti muncul persoalan,” bebernya. “Ya, kalau masalah kesehatan, saya tidak berani menolak. Pekerjaan di Kelurahan Tanjung saya rasakan betul 24 jam. Itulah kelebihan lurah asli kampung itu,” tambah Camat.

Mengenai kinerja selama ini, lanjut Camat, tidak ada masalah. Garis komando, komunikasi dan koordinasinya dilaksanakan dengan baik. “Dia jalani semua. Jika ada rencana program atau program kerja yang akan dilaksanakan, dia rapat dulu dengan RT dan RW serta lembaga-lembaga di kelurahan. Itu memang garis komando. Camat mengintstruksikan ke Lurah, kemudian Lurah mengomunikasikan ke RW, selanjutnya RW ke RT,” jelasnya.

Camat menambahkan Lurah Tanjung pengganti Husen, Wali Kota menunjuk Faisal sebagai pelaksana tugas. Faisal yang sebelumnya menjabat Kepala Seksi Perekonomian Kelurahan Kendo, menjabat Plt Lurah Tanjung terhitung tanggal 9 Agustus 2019. Sementara mantan lurah, Husen, ditempatkan sebagai staf di Dinas Pertanian Kota Bima.

“Kemarin (senin, 12 Agusutu) saya terima tembusan SK-nya pak Faisal. Beliau ini bersal dari Tanjung, berdomisili di Penanae,” katanya. “Harapan saya, Plt bisa bekerja seperti lurah sebelumnya. Karena tantangan kedepan sangat kompleks, apalagi berhadapan dengan dana kelurahan,” harap Camat.

Mantan Lurah Tanjung Husen yang dihubungi melalui telepon seluler, Selasa malam, 13 Agustus 2019, mengaku pengunduran dirinya karena alasan kesehatan. “Saya sering sakit. Sebaiknya saya mundur karena saya tidak bisa maksimal bekerja dan melayani warga,” katanya singkat. 

[akt.01]

Kantor Kelurahan Tanjung (doc.2016)

Related

Pemerintahan 3489429738112163794

Posting Komentar Default Comments

  1. Contoh Lurah yang Baik, tidak memaksakan diri memangku jabatan karena kendala kesehatan. Ini harus menjadi contoh para lurah yang lain. jangan karena terlena dengan jabatan, lupa dengan keterbatasan diri. itu namanya pemaksaan diri..

    BalasHapus

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item