Antisipasi Manipulasi, KPU Cetak Sendiri Formulir C6 Berikut Nama dan Alamat Pemilih

AKTUALITA.INFO , Kota Bima – Untuk mengantisipasi penyalahgunaan dan manipulasi Formulir C6 (Surat Pemberitahuan Waktu dan Tempat Pemunguta...

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Untuk mengantisipasi penyalahgunaan dan manipulasi Formulir C6 (Surat Pemberitahuan Waktu dan Tempat Pemungutan Suara) pada Pilkada Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencetak sendiri formulir berikut nama dan alamat pemilih.

Bukhari, S.Sos
Pada Pilkada sebelumnya, nama dan alamat pemilih dalam Formulir C6 ditulis tangan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Ada kemajuan dari Pilkda sebelumhya. Dulu (nama dan alamat pemilih dalam Formulir C6) ditulis tangan oleh KPPS. Sekarang KPU mengirimkan yang sudah dicetak oleh KPU Kepada KPPS melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS),” kata Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, S.Sos, Kamis, 24 Mei 2018.

Diakuinya, keluhan yang selama ini diterima KPU yakni adanya manipulasi dan penyalahgunaan Formulir C6. “Untuk menghindari itu maka KPU mencetak sendiri Formulir C6 ini yang sudah ada namanya sehingga bisa dikontrol,” ujar Bukhari di Seretariat KPU Kota Bima.

Ia menambahkan, jika dalam Formulir C6 ada nama pemilih, namun saat diantar ke rumah tidak ada orangnya, maka formulir tersebut tidak diberikan. Ini merupakan salahsatu bentuk kontrolnya.

“Nanti KPPS mengembalikan dan melaporkan ke KPU apakah pemilih tersebut sudah meninggal atau belum, apakah pemilih ganda atau berada di luar daerah,” pungkas Bukhari.

[akt.01]

Related

Politik 6717097683679971150

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item