“Mbenggo” Sebagai Obat, Antara Mitos dan Fakta

AKTUALITA.INFO , Dompu - Keyakinan lain tentang Mbenggo oleh masyarakat selain penambah hormon, penyubur kandungan dan penambah stamina, ca...

AKTUALITA.INFO, Dompu - Keyakinan lain tentang Mbenggo oleh masyarakat selain penambah hormon, penyubur kandungan dan penambah stamina, cacing laut ini dapat mengusir hama pada tanaman dan juga mengobati segala macam penyakit. Namun khasiat Mbenggo ini belum dibuktikan secara ilmiah.

Baca juga: Tradisi “Mbenggo” di Hu’u Dompu, Dari Reinkarnasi sampai Masalah Birahi

Mbenggo (cacing laut)
Menurut salah satu warga Desa Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Abdul Haris, kemunculan Mbenggo adalah rahmat bagi masyarakat, karena khasiat Mbenggo yang sangat bermanfaat.

Mbenggo yang bisa dikonsumsi dengan cara dipepes, kata dia, secara tidak langsung ternyata bisa menyembuhkan segala macam penyakit yang dalam tubuh. Berbagai macam penyakit bisa sembuh seperti kolesterol, malaria, gatal-gatal, dan lain sebagainya.

Selain itu, menurut Haris, benggo berkhasiat untuk mengusir hama pada tanaman yang menjadi momok dan paling ditakuti oleh petani. Konon reinkarnasi dari Putri Fifa Kafirly itu, saat dijari harus tetap menyatu dengan air laut, kemudian ditebar pada tanaman. "Segala macam hama atau penyakit pada tanaman bisa diusir dan dibasmi oleh Mbenggo," ujar Haris.

Diketahui, Mbenggo (cacing laut) yang merupakan jelmaan dari Putri Fifa Kafirly dalam legenda masyarakat Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Kemunculannya pada 17 dan 18 hari bulan, dan puncaknya 19 hari bulan, yang saat ini terjadi pada tanggal 14, 15, dan 16 Februari hanya terjadi di sekitar pantai Lakey, Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u.

Baca juga: Penasaran, Kenapa Mbenggo Harus Ditangkap Dini Hari?

Kehadiran Mbenggo oleh masyarakat diabadikan dalam tradisi Condo Mbenggo, yakni mengambil Mbenggo dari pinggiran pantai menggunakan jala atau jari.

[yani/*]

Related

Headline 871593253795602542

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item