Pengadilan Negeri Dompu, Satu-satunya Pengadilan yang Sampaikan Laptah

Suasana penyampaian Laptah Pemgadilan Negeri Dompu. [yani] AKTUALITA.INFO , Dompu - Salah satu lembaga peradilan yang menyampaikan la...

Suasana penyampaian Laptah Pemgadilan Negeri Dompu. [yani]

AKTUALITA.INFO, Dompu - Salah satu lembaga peradilan yang menyampaikan laporan tahunan (Laptah) tentang kinerja tahunan yakni Pengadilan Negeri Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Laporan tersebut biasanya disampaikan pada akhir tahun, dengan model publikasi melalui konfrensi pers, dimana dalam konpers tersebut disampaikan secara sistematis, yang biasanya dipaparkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Djuyamto.

Penyampaian Laptah dikatakan Djuyamto, sebenarnya tidak ada perintah dari Mahkamah Agung. Melainkan inisiatif lembaga yang dipimpinnya dengan mengacu undang-undang diantaranya UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, dan peraturan KIP Nomor  1 tahun 2010.

Hal tersebut disampaikan Djuyamto dalam acara penyampaian Laptah tahun 2016 dan sosialisasi cetak biru Mahkamah Agung RI tahun 2010-2035, pada hari Senin, 23 Januari 2017.

Menurut dia, penyampaian Laptah dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa selama setahun Pengadilan Negeri Dompu telah melakukan tugas pokok dan fungsinya. "Yang dibuktikan dengan informasi data statistik penanganan perkara dan pengaduan masyarakat," katanya.

Informasi tersebut jelas Djuyamto, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dan sekaligus menjadi alat ukur bagi lembaganya untuk mendapatkan masukan dan kritikan dari masyarakat, tentang apa yang sudah dilakukan selama ini.

Semangat keterbukaan informasi di lembaganya, Djuyamto menegaskan akan terus dipertahankan karena lembaga Peradilan merupakan lembaga publik dan tuntutan kekinian adalah sesuatu yang sangat naif untuk tidak dilakukan tentang keterbukaan informasi.

[yani]

Related

Pemerintahan 3107312311221496093

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item