Tiga Polsek di Dompu Diusulkan Status Urban

AKTUALITA.INFO , Dompu – Kepolisian Resort (Polres) Dompu untuk tahun anggaran 2016, mengusulkan tiga Kepolisian Sektor (Polsek) yang akan ...

AKTUALITA.INFO, Dompu – Kepolisian Resort (Polres) Dompu untuk tahun anggaran 2016, mengusulkan tiga Kepolisian Sektor (Polsek) yang akan ditingkatkan statusnya menjadi Polsek Urban. Ketiga Polsek dimaksud yaitu Polsek Hu`u, Polsek Woja, dan Polsek Manggelewa.

"Ketiga Polsek tersebut dasar pertimbangannya berbeda-beda untuk ditingkatkan ke Urban. Polsek Hu`u pertimbangannya daerah pariwisata dan daerah pertambangan. Sementara Polsek Woja dan Manggelewa pertimbangannya tingkat kriminalitas tinggi dan kerawanan konflik sosial," jelas Wakil Kepala Polres Dompu, Komisaris Etek Riawan, di ruang kerjanya, Selasa (6/9).

Kompol Etek Riawan
Pengusulan peningkatan status Polsek itu diusulkan melalui Kepolisian Daerah (Polda) NTB. Selanutnya Polda NTB meneruskan ke Mabes Polri. "Harapannya kalau usulan itu disetujui, maka akan terjadi penambahan jumlah personil menjadi 100 di masing-masing Polsek," ujar Etek.

Hanya saja, terang dia, ada konsekuensi peningkatan status Polsek biasa menjadi Urban. Yakni perubahan struktur organisasi, dimana jabatan Kapolsek harus berpangkat Komisaris, sedangkan para Kepala Unit berpangkat Ajun Komisaris.

Selain itu, ada penambahan unit Lalu Lintas dan Propam. Untuk daerah pariwisata ditambah juga Polisi Pariwisata. Penambahan unit-unit tersebut berpengaruh pada penambahan jumlah kendaraan atau sarana dan prasarana lainnya. "Semua kendaraan harus ada, sedangkan senjata api relatif," jelasnya.

Pengusulan yang dilakukan oleh Polres Dompu dalam proposalnya sangat rasional, apalagi Kabupaten Dompu sudah dikenal di kancah nasional. Minggu kemarin, kata Etek, pihak Polres sudah melakukan rapat koordinasi di Polda. "Pasca Rakor tersebut, Polres hanya menunggu saja apa keputusan Mabes Polri," akunya.

Disinggung kenapa Polsek Dompu Kota yang cukup tinggi angka kriminalitasnya, kemudian rawan konflik sosial dan salah satu daerah penangkapan terduga teroris, tidak diusulkan, Wakapolres berujar karena Polsek Dompu dekat dengan Polres. Pertimbangannya masih bisa ditangani Polres ketika ada konflik sosial dan atau kasus teroris.

Kemudian bisa ditangani juga oleh Brimob yang tidak jauh markasnya dari Mapolsek Dompu. Berbeda dengan Polsek Hu`u dan Manggelewa yang memakan waktu tempuh sekitar 1 jam ketika terjadi pergolakan sosial.

[yani]

Related

Headline 7463387457991344193

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item