Perkuat Sinergitas, Legislatif dan Eksekutif Intenskan Silaturahmi

AKTUALITA.INFO , BIMA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dan DPRD Kabupaten Bima mengintenskan silaturrahmi untuk memperkuat sinergitas...

AKTUALITA.INFO, BIMA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dan DPRD Kabupaten Bima mengintenskan silaturrahmi untuk memperkuat sinergitas. Silaturrahmi eksekutif dan legislatif dilangsungkan di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Bima, Rabu pekan lalu.

Suasana Silaturahmi Pemkab dan DPRD Kabupaten Bima
Dari pihak eksekutif langsung dihadiri Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, didampingi Sekda dan para asisten. Sedangkan dari Legislatif dihadiri unsur Pimpinan dan segenap anggota.

Acara yang dikemas dalam format rapat, dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bima, Hj Murni Suciyanti didampingi tiga Wakil Ketua tersebut berlangsung dinamis. Pada pertemuan yang berlangsung sore hari tersebut, Bupati Bima mendengarkan dengan seksama masukan dari beberapa politisi.

Saifullah (PKS) mendorong pemerintah agar menjadi yang terdepan dalam membangun masyarakat. Pemerintah diarahkan bekerja secara normatif, perlu menyeleksi bagaimana daerah ini dipimpin dan perlu ada sinergi, bagaimana saling mengisi dan memberikan input diantara kedua lembaga pemerintahan.

Politisi Partai Gerindra, Sulaiman MT menyampaikan berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades serentak. Dia menyatakan ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi dan berharap eksekutif mencarikan solusi agar stabilitas keamanan tetap terjaga.

Duta Partai Persatuan Pembangunan, Ishaka mendorong agar Bupati mencermati dengan seksama kegiatan SKPD. Selain itu, melakukan pengecekan pelaksanaan tugas SKPD di lapangan.

Demikian halnya politisi PAN, A Nasir S.Sos. Setelah melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Sondosia, Nasir meminta agar pemerintah daerah melihat langsung kondisi terakhir RS tersebut. Dia berharap agar alat kesehatan dapat segera dimanfaatkan. Selain itu, dirinya berharap agar pemerintah daerah segera mengajukan Raperda struktur kelembagaan agar unit kerja tersebut dapat beroperasi secara maksimal.

Politisi Partai Gerindra lainnya, Yasin Spdi, menyampaikan apresiasi atas keberhasilan pemerintah daerah meraih predikat WTP dalam pengelolaan keuangan daerah. Namun demikian, katanya, ujian bagi pemerintah daerah adalah bagaimana melaksanakan pemerintah secara jujur dan transparan. Disamping itu daya serap anggaran juga perlu diperhatikan oleh pemerintah.

Setelah menyimak dengan seksama masukan dan pandangan beberapa anggota DPRD tersebut. Bupati Bima menyatakan, pertemuan dengan Pimpinan dan segenap anggota DPRD ditujukan untuk lebih mempererat silaturahmi dan mencoba membahas secara bersama persoalan yang akhir-akhir ini mengemuka.

Upaya ini lanjut Bupati, penting dilakukan agar tidak ada kesan salah paham dan silang pendapat. Karena dirinya meyakini bahwa semua persoalan dapat diselesaikan dengan baik, bila ada niat baik dan komunikasi yang terjalin dengan cukup baik untuk menyelesaikan masalah.

Bupati selanjutnya menyampaikan ucapan terimakasih atas masukan legislatif. Eksekutif ingin mendengarkan langsung dan memberikan jawban agar tidak ada ganjalan dan suasana kembali dapat mencair, sehingga pemerintah bersama-sama dengan DPRD memberikan peranan terbaik kepada masyarakat. “Masukan dari para anggota legislatif menunjukkan adanya kepedulian Dewan. Tantangan pemerintah ke depan adalah memperbaiki kinerja pemerintahan,” kata Bupati.

Pada prinsipnya, lanjut Bupati, Pemeritah Daerah tidak ingin masyarakat melihat ada miskomunikasi di antara kedua lembaga. Oleh karena itu, diharapkan ada komunikasi yang lebih intensif dengan legislatif. "Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan serta mempertahankan WTP, merupakan tanggungjawab bersama," tutup Bupati. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama yang berlangsung di halaman kantor DPRD setempat. 

[moen/adv]

Related

Politik 501578612483066495

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item