Pelajar Kota Bima Ikut Pelatihan Kepemimpinan di Amerika

Tiga pelajar dan guru pembmbing foto bersama Wali Kota Bma. AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Seorang pemimpin akan muncul di tengah-tengah m...

Tiga pelajar dan guru pembmbing foto bersama Wali Kota Bma.
AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Seorang pemimpin akan muncul di tengah-tengah masyarakat, sesuai dengan lingkungan dan situasi yang ada. Perkembangan jaman, salah satunya adalah merupakan faktor yang memperlihatkan warna dari lingkungan mana pimpinan itu akan lahir. Tuntutan dari satu peradaban umat manusia dalam menjalani atau berjuang untuk dapat hidup, akan memunculkan siapa yang akan berperan kemudian untuk menjadi pemimpinnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bima sendiri memiliki kepedulian untuk selalu melahirkan generasi pemimpin. Pemimpin dimaksud, yang sekiranya dapat diandalkan untuk membantu proses pembangunan daerah dan sumberdaya manusia secara berkelanjutan.

Oleh sebab itu, beberapa program Pemkot Bima beberapa tahun terakhir yakni menjalin kemitraan (kerjasama) dengan negara asing. Selain kerjasama bidang pembangunan, juga kerjasama peningkatan sumberdaya manusia. Diantaranya program kerjasama pendidikan Bahasa Inggris antara Pemerintah Kota Bima dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat.

Dari kerjasama yang terus berlanjut itu, tiga pelajar Kota Bima berhasil lolos seleksi sebagai peserta Program Pelatihan Kepemimpinan di Amerika Serikat. Program berjudul Youth Leadership Program in Our Ocean (program kepemimpinan pemuda di laut kami) dengan tema Ocean in Asia, akan berlangsung di Negara Bagian Nevada dan Washington, Amerika Serikat, 5–26 Maret 2016.

Ketiga pelajar tersebut yakni Edo Abdurrahim Fatah (siswa kelas XII.A Jurusan Keagamaan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Husainy Kota Bima), Nona Arlita Yuningsih (siswi kelas XII – IPA 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bima), dan Muhammad Bimansyah Putra (siswa kelas XII – IPA 3 SMAN 1 Kota Bima). Ketiganya akan didampingi oleh Nining Suryani SPd, selaku mentor.

Direktur Foreign Language Institute (FLI) Kota Bima, Drs. Syahruna, menjelaskan, segala pembiayaan bagi tiga pelajar dan satu mentor tersebut akan ditanggung oleh Pemerintah Amerika Serikat, melalui Konsulat Jenderal Amerika Serikat-Surabaya.

Menjelang keberangkatan, para pelajar tersebut berkunjung ke kantor Walikota Bima. Mereka diterima oleh Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, di ruang kerjanya, Selasa (26/1). Walikota menyatakan kebanggaannya dan berharap para pelajar tersebut bisa memanfaatkan masa pelatihan di Amerika untuk menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

Program Kepemimpinan Muda Amerika dan Indonesia (Kota Bima) adalah program yang bertujuan untuk mendorong peran serta masyarakat dan partisipasi anak muda (pelajar) Indonesia dan Amerika. Melalui pembelajaran lintas budaya agar pemahaman di antara kedua negara semakin meningkat.

Program ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman anak muda tentang demokrasi, hak asasi dan tanggung jawab, serta memperkuat komitmen mereka pada partisipasi, pelayanan, dan kepemimpinan dalam masyarakat. Selain itu, memperkuat kapasitas anak muda dengan memberikan ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan, agar siap dan aktif untuk berperan serta dalam lingkungan mereka.

[AL]

Related

Pendidikan 8985397342151704185

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item