BLH Bahas Kerangka Acuan Pembangunan Jembatan Lewamori

Pembahasan Kerangka Acuan Jembatan Lewamori AKTUALITA.INFO, BIMA – Pemerintah Kabupaten Bima terus menggenjot pembangunan sejumlah infr...

Pembahasan Kerangka Acuan Jembatan Lewamori
AKTUALITA.INFO, BIMA – Pemerintah Kabupaten Bima terus menggenjot pembangunan sejumlah infrastruktur. Diantaranya pembangunan akses jalan dua arah di batas kota simpang Talabiu dan pembangunan jembatan Lewamori. Dua pembangunan infrastruktur tersebut, agar tidak merusak lingkungan pemerintah lebih dahulu melakukan rapat penilaian dokumen kerangka acuan rencana pembangunan. Rapat diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi NTB, Selasa (19/01), di Hotel Puri Indah Kota Mataram.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BLH Provinsi NTB. Diikuti oleh Tim Teknis yang beranggotakan 21 orang. Termasuk BLH Kabupaten Bima dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bima.

Penanggungjawab kegiatan pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima, Chairul Alam ST MT mengatakan, pembangunan Jembatan Lewamori sudah 20 tahun lalu diinginkan oleh masyarakat. Pembangunan Jembatan Lewamori disamping mempercantik Kota dan Kabupaten Bima, juga mempercepat akses menuju Bandara Sultan Muhammad Salahuddin. Selain itu, pengembangan wilayah utara Bajo menuju Sampungu hingga Taman Nasional Gunung Tambora.

“Alokasi anggaran untuk pembangunan Jembatan Lewamori sudah ada di pusat.. Tinggal penyelesaian dokumen-dokumen pendukung pembangunan Jembatan Lewamori. Salah satunya adalah Dokumen Kerangka Acuan Amdal yang dibahas hari ini," ungkap Chairul.

Sementara itu Dishubkominfo Kabupaten Bima melalui Kasubag Program dan Pelaporan, Arief mengharapkan nantinya agar di dalamn AMDAL diintegrasikan dengan Analisa Dampak Lalu Lintas (AMDALALIN) sesuai Pasal 47 PP Nomor: 32/2011. Pasal tersebut menyebutka setiap rencana pembangunan, pusat kegiatan, pemukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran, dan angkutan wajib dilakukan AMDALALIN.

"Analisa ini penting apalagi nantinya memang pembangunan jalan dua jalur dan Jembatan Lewamori akan menjadi sarana dan prasarana transportasi. Jadi, perlu dibuat Analisa AMDALALIN, karena didalamnya sudah termasuk Audit keselamatan LLAJ," kata Arief.

Lebih lanjut arief menjelaskan bahwa dalam audit keselamatan LLAJ nantinya diharapkan tergambar dalam AMDAL kinerja LLAJ, besaran tarikan dan bangkitan LLAJ. Termasuk memprediksikan permasalahan yang ditimbulkan setelah pembangunan dan analisa besaran dampak yang mempengaruhi kinerja lalu lintas.

[AL]

Related

Pemerintahan 926813490392054734

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item