Ratusan Warga Langgudu Keracunan

Ilustrasi Aktualita.info, BIMA - Ratusan warga Desa Waduruka, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, dilarikan ke Puskesmas saat mengha...

Ilustrasi

Aktualita.info, BIMA - Ratusan warga Desa Waduruka, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, dilarikan ke Puskesmas saat menghadiri resepsi pernikahan warga setempat, Sabtu 23 Mei 2015, sekitar pukul 18.00 Wita. Ratusan warga tiba-tiba pusing dan muntah beberapa saat setelah mengonsumsi makanan sejenis pentolan bakso (salome), yang diduga terbuat dari ikan tongkol menggunakan bahan pengawet (formalin). "Salome itu dibeli dari penjual, bukan makanan dari pesta nikah," kata Camat Langgudu, Muhammad Rum.

Warga kebanyakan ibu dan anak-anak, jelas Rum, membeli salome yang dijual seorang warga setempat, saat berlangsungnya acara resepsi pernikahan. "Dugaan sementara warga keracunan karena mengonsumsi salome itu," ujar Rum. Sebelum dilarikan ke Puskesmas Langgudu, warga yang keracunan terlebih dahulu ditangani di Pustu setempat.

Diantara korban keracunan, kata Rum, ada seorang ibu hamil. Korban ini diberi pertolongan khusus karena kuatir dengan janin dalam kandungannya. 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, Muhamad Saleh, M. Ap, mengaku, langsung mengirim tim medis ke Puskesmas Langgudu, begitu mendapat laporan dari masyarakat. Tim medis membawa obat dan peralatan lengkap untuk menangani korban keracunan.  "Kami lansung turun malam itu juga,” katanya.

Dia mengatakan sudah mengambil sampel salome yang dikonsumsi warga untuk diuji laboratorium. "Beberapa warga sudah kita tangani dan pulang ke rumahnya masing-masing," ujar saleh.

[ald*]



Related

Ragam 1381288993823732725

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item