Demi UNBK, Wali Murid di Dompu Sumbang Laptop untuk Ujian

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan, H. Ikhtiar. AKTUALITA.INFO , Dompu - Pelaksanaan ujian nasional maupun ujian sekolah bagi si...

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan, H. Ikhtiar.

AKTUALITA.INFO, Dompu - Pelaksanaan ujian nasional maupun ujian sekolah bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dimulai pada bulan April mendatang.

Ujian nasional khusus siswa SMP, oleh pemerintah sudah diluncurkan berbasis komputer atau UNBK untuk semua daerah di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Namun, fakta saat ini di Dompu belum semua sekolah mampu melaksanakan UNBK karena kendala peralatan dan jaringan, ditambah lagi faktor listrik dari PLN yang sering padam.

Untuk ujian tahun 2017, di Dompu hanya terdapat 6 sekolah ditambah 1 Madrasah yang sudah siap melaksanakan UNBK. Itupun masih terkendala tersedianya Komputer maupun Laptop, namun pihak dinas dan sekolah sudah mengantisipasinya.

Dihubungi di kantornya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H. Ikhtiar mengatakan bahwa di Dompu ada 7 sekolah yang siap melaksanakan UNBK yakni SMP N 1 Dompu, SMP N 4 Dompu, SMP N 6 Dompu. Kemudian SMP N 1 Woja, SMP N 1 Manggelewa, SMP N 1 Kempo. Ditambah dengan MTsN 1 Dompu. "Ketujuh 7 sekolah tersebut merupakan pilot project. Namun ditahun 2016 ada 4 sekolah melaksanakan UNBK. Kita naikkan jadi 7," ujar dia.

Untuk kelancaran UNBK terang Ikhtiar, semua kebutuhan sudah dipersiapkan secara matang seperti program, laptop atau komputer, jaringan internet, dan ketersediaan listrik.

Namun sambung dia, untuk jumlah laptop atau komputer dibeberapa sekolah seperti di SMPN 1 Manggelewa, SMPN 1 Kempo, MTsN 1 Dompu, SMPN 6 Dompu masih mengalami kekurangan. Untuk mencukupi kebutuhan itu, wali murid bersedia memberikan pinjaman.

Hal tersebut disepakati dalam rapat diantara mereka dan sekolah. "Wali murid bersedia memberikan pinjaman karena itu untuk kelancaran ujian. Kita pinjam pakai kalau kurang," kata Ikhtiar.

Walaupun peralatan tersebut berasal dari wali murid, Ikhtiar jelaskan bahwa pelaksanaan ujian tetap di sekolah. Dimana seminggu sebelum pelaksanaan ujian laptop sudah di sterilkan dan program sudah diinstal.

Sedangkan kecakapan siswa mengoperasikan laptop atau program sudah disimulasikan sebelumnya.
Terkait kendala listrik yang terkadang mengalami pemadaman, Ia katakan akan mengkoordinasikan dengan pihak PLN agar pasokan listrik tetap aman saat pelaksanaan ujian. "Nanti kita koordinasikan lebih lanjut dengan pihak PLN dan Telkom," terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Drs. Tarmiji menerangkan kegiatan ujian nasional dan sekolah untuk tingkat SD dan SMP dimulai bulan April sampai Mei 2017. Untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi siswa SMP dilaksanakan pada tanggal 17, 18, dan 19 April. Sedangkan UNBK pada tanggal 2, 3, 4, dan 8 Mei, dengan jumlah peserta sebanyak 5265.

Mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK SMP yaitu IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPS. Sedangkan tingkat SD, mata pelajaran yang akan diuji adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPS.
Saat ini ujar Tarmiji, telah dilakukan persiapan proses penyusunan kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

[yani/*]

Related

Pendidikan 6821389105966549704

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item