Salinan DPT dengan NIK Lengkap Mulai Didistribusikan

  KPU Kota Bima mulai mendistribusikan logistik Pemilu di luar kotak suara. [ist] Aktualita, Kota Bima - Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Ra...

 

KPU Kota Bima mulai mendistribusikan logistik Pemilu di luar kotak suara. [ist]

Aktualita, Kota Bima - Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Rabu (7/2/2024) mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum di luar kotak suara berupa, satu rangkap salinan DPT dengan NIK lengkap untuk semua TPS. Kemudian, ikut didistribusikan juga Formulir Model C-Pemberitahuan untuk setiap TPS dan juga Buku Panduan KPPS untuk setiap TPS dan Buku Panduan KPPS untuk PPS dan PPK.

Ketua KPU Kota Bima, Mursalin menjelaskan, tujuh hari sebelum hari pemungutan suara, ada beberapa logistik Pemilu di luar kotak suara yang didistribusikan. Pendistribusian tersebut dilakukan oleh KPU Kota Bima, dari Gudang KPU ke Sekretariat PPS di 41 kelurahan yang ada di Kota Bima.

Terhadap satu rangkap salinan DPT dengan NIK lengkap yang didistribusikan tersebut, KPPS melakukan pencermatan dan memberi tanda terhadap pemilih dalam DPT yang sudah tidak memenuhi syarat. Apakah karena meninggal dunia, pindah keluar dari Kota Bima, maupun TMS karena sudah menjadi anggota TNI atau Polri.

"Inilah tujuannya, kenapa Salinan DPT dengan NIK Lengkap tersebut kita distribusikan sekarang, dan ini sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024," jelas Mursalin.

Selanjutnya, untuk Formulir Model C-Pemberitahuan ditegaskan Mursalin, formulir tersebut didistribusikan sekarang karena harus disampaikan ke pemilih paling lambat tiga hari sebelum hari pemungutan suara. "Setelah kami distribusikan ini, ada waktu bagi KPPS untuk mengidentifikasi berapa banyak formulir model C-Pemberitahuan yang tidak dapat didistribusikan karena pemilihnya sudah TMS," ujarnya.

Lanjut Mursalin, untuk buku panduan KPPS, setiap TPS menerima tiga eksemplar. Sementara untuk PPS menerima 3 eksemplar dan PPK sebanyak 5 eksemplar. Mursalin berharap, untuk buku panduan KPPS yang telah didistribusikan tersebut dapat segera dibaca dan dipahami isinya. 

"Buku panduan KPPS ini didistribusikan lebih awal, supaya PPK, PPS dan KPPS bisa membaca dan memahami dengan jelas isi buku tersebut," tutup Mursalin.

Kegiatan pendistribusian logistik tersebut diawasi langsung oleh Bawaslu Kota Bima.

[akt.01]

Related

Politik 1717568260335544482

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item