Pengurus Baru PWI Kota Bima Dikukuhkan, Wartawan Diingatkan Jaga Integritas dan Etika Profesi

Ketua PWI NTB, H Nasaruddin, menyerahkan Bendera PWI kepada Ketua PWI Kota Bima, Faharudin, usai pengukuhan. [ist] Aktualita, Kota Bima - Pe...

Ketua PWI NTB, H Nasaruddin, menyerahkan Bendera PWI kepada Ketua PWI Kota Bima, Faharudin, usai pengukuhan. [ist]

Aktualita, Kota Bima - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi NTB mengukuhkan pengurus PWI Kota Bima Periode 2023-2026. Kepengurusan anyar di bawah kepemimpinan Faharudin yang akrab dipanggil Bin Kalman ini, berlangsung di Aula Kantor Wali Kota, Rabu 13 Desember 2023.

Hadir pada pengukuhan itu Ketua PWI NTB H Nasruddin dan Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI NTB H Abdul Syukur, kemudian Sekda Kota Bima, Kepala Dinas kominfotik Kota Bima, Kepala Bakesbangpol Kota Bima dan Camat Mpunda, Perwakilan TNI Polri serta para insan pers.

Ketua PWI Provinsi NTB H Nasruddin saat sambutan memberi sejumlah pesan penting untuk para jurnalis yang tergabung dalam organisasi pers tertua di Indonesia itu. 

Pertama, Nasruddin meminta agar wartawan menjaga kemitraan. Karena manusia yang baik adalah manusia yang bisa memberi manfaat dan kebaikan untuk manusia lainnya. 

"Kritik wartawan itu juga kebaikan, sebagai bentuk kontrol. Pemerintah juga harus bisa menerima. Asalkan wartawan juga tidak menulis pemberitaan yang provokatif," tegas Nasaruddin dalam press release yang diterima media ini.

Kemudian yang kedua, wartawan juga harus menjaga dan meningkatkan kapasitas, seperti perbanyak diskusi dan berinteraksi dengan siapapun. 

Yang terpenting juga harus meng-upgrade pengetahuan untuk kualitas profesi, termasuk dengan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan untuk pers dan wartawan yang lebih baik. 

"Sehingga pada akhirnya, bisa lahir penghargaan Adi Negoro sebagai dedikasi tertinggi seorang jurnalis," katanya. 

Selain itu, Nasruddin juga meminta agar wartawan menjaga integritas dan kode etik jurnalistik (KEJ), karena itu merupakan pilar penting untuk pers yang sehat dan berkualitas. 

Di tempat yang sama, Sekda Kota Bima H Mukhtar Landa m mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Bima mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pengurus PWI Kota Bima yang lama. Bagi pengurus yang baru agar dapat melanjutkan program pengurus lama yang dianggap bagus.

"Biasanya sebuah organisasi jika ganti pengurus ganti pula program," ujarnya.

Mukhtar menyebutkan, kolaborasi dan kerjasama Pemerintah Kota Bima dengan PWI Kota Bima selama ini sudah sangat baik. Semua permasalahan yang ada mampu diselesaikan dengan saling bermusyawarah.

Sekda Kota Bima juga berharap agar ke depan senantiasa menjaga kebersamaan. Karena tujuan besar ke depan terlaksananya Pemilu 2024 dengan sukses, dengan harapan partisipasi masyarakat dapat meningkat dari Pemilu sebelumnya.

"Harapan saya, mari jaga dan kawal bersama netralitas ASN menghadapi pemilu 2024. Semoga hubungan yang baik ini dapat dijaga, sehingga membawa kita memperoleh rahmat Allah SWT," pungkasnya.

[akt.01]

Related

Ragam 2358625634716726393

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item