Sasar Pemilih Pemula, KPU Kobi Jadi Pembina Upacara

Komisioner KPU Kota Bima, Yety Safriati saat jadi Pembina Upacara di SMAN 5 Kota Bima. Aktualita, Kota Bima - Dalam rangka meningkatkan Part...

Komisioner KPU Kota Bima, Yety Safriati saat jadi Pembina Upacara di SMAN 5 Kota Bima.

Aktualita, Kota Bima - Dalam rangka meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima intens melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih. Misalnya dengan menjadi Pembina Upacara pada Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di Kota Bima. Seperti yang dilaksanakan pada hari Senin (14/11/2022) di SMAN 5 Kota Bima.

Ketua Divisi Sosialisai, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati menjelaskan, mengambil bagian sebagai pembina upacara di sekolah-sekolah merupakan bagian dari kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih). Dimana sasarannya adalah Segmen Pemilih Pemula. 

Lanjut Yety, sesuai dengan surat dinas Ketua KPU NTB, Nomor 870/PP.06-SD/52/2022 tangga 5 Oktober 2022, Perihal pelaksanaa sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2024, KPU Kabupaten/Kota di Provinsi NTB diminta untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan KPU Goes to School. Misalnya saja dengan menjadi pembina upacara bendera setiap sekolah di SMA/SMK/MA sederajat yang ada di kabupaten/kota masing-masing. 

“Menindaklanjuti surat tersebut, KPU Kota Bima telah beberapa kali melaksanakan kegiatan KPU Goes to School dengan menjadi Pembina Upacara Bendera di beberapa sekolah SMA yang ada di Kota Bima,” tutur Yety. 

Yety menambahkan, kegiatan KPU Goes to School dilaksanakan sebagai bentuk menyukseskan Program Kerja Nasional, yang ditargetkan oleh Komisi Pemilihan Umum yaitu Peningkatan partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. Pada termin pertama, KPU Kota Bima telah melaksanakan kegiatan tersebut di 3 sekolah, yakni SMAN 1 Kota Bima, SMAN 2 Kota Bima, dan SMUA 3 Kota Bima. Kemudian di termin ke dua ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di SMAN 5 Kota Bima.

“Rencananya hari ini semua komisioner akan dibagi ke enam sekolah SMA yang ada di Kota Bima, tetapi karena Sebagian komisioner sedang berada di luar daerah dan Sebagian berhalangan, jadi cukup satu sekolah saja dulu,” tutur Yety.

Ada beberahal yang disampaikan Yety pada saat memberikan amanat sebagai pembina upacara. Mulai dari hari, tanggal, bulan dan tahun penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilihan Tahun 2024. Kemudian, dijelaskan juga terkait peserta Pemilu Tahun 2024 dan juga tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024. 

“Pada kesempatan itu, saya juga menyampaikan bahwa, penyelenggaraan Pemilu 2024, sama dengan Pemilu 2019. Karena nanti kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Yety tidak hanya memberikan informasi seputar Pemilu, tetapi juga memberikan pendidikan pemilih khususnya bagi pemilih pemula yang ada di sekolah tersebut. Dengan menjelaskan apa itu Pemilu, kenapa Pemilu itu penting untuk dilaksanakan dan yang menyelenggarakan Pemilu itu siapa. 

“Hal itu perlu untuk disampaikan sebagai Pendidikan awal buat anak-anak kita, yang akan menjadi pemilih pemula pada penyelenggaraan Pemilu 2024,” tegas Mursalin. 

Diakhir pemberian amanat, Yety mengimbau dan mengajak seluruh peserta upacara untuk sama-sama menyukseskan Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024. Dengan cara berpartisipasi aktif pada setiap tahapan Penelenggaraan Pemilu maupun Pemilihan.

“Mari sama-sama kita sukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 mendatang. Penyelenggaraan Pemilu, ingat Rabu 14 Februari 2024 dan Rabu 27 November 2024 untuk Pemiihan Kepala Daerah,” tutup Yety.

[akt.02]

Related

Politik 7007733509172844214

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Comments

Recent

item