Jelang Pemilihan Ketua Osis, Siswa MTsN 2 Berkunjung ke RPP Lawata

  Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima. Aktualita, Kota Bima - Menjelang penyelenggaraa...

 

Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima.
Aktualita, Kota Bima - Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Ketua Osis, Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima, Senin (14/11/2022) berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima. Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh Siswa/Siswi untuk mengetahui hal-hal apa saja yang akan dilakukan pada hari Pemungutan Suara di Tempat Pemungutan Suara, serta tugas-tugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Kunjungan Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima itu diterima oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati. Sesuai dengan alur pelayanan pengunjung di RPP Lawata, setelah mengisi buku tamu pengunjung masuk ke ruang Display (Ruang Pameran). Di sini pengunjung bisa melihat dokumen hasil Pemilu dan juga hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi tentang sejarah Pemilihan Umum di Indonesia. 

Dari ruang display, pengunjung diarahkan ke Perpustakaan Mini dan ke Ruang Simulasi TPS. Di Ruang Simulasi TPS, pengunjung diberikan penjelasan tentang tugas masing-masing Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Kemudian diberikan penjelasan juga terkait hal-hal yang akan dilakukan oleh Penyelenggara di TPS, Pemilih dan juga Peserta Pemilu. 

Dari Ruang Simulasi TPS, pengunjung diarahkan menuju Aula KPU Kota Bima. Di sini pengunjung diberikan kuis, untuk mengetahui sejauh mana pengunjung menyerap dan memahami apa yang telah disampaikan oleh Anggota KPU Kota Bima tersebut. 

Ketua KPU Kota Bima, melalui Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yety Safriati menjelaskan, Rumah Pintar Pemilu adalah pusat pendidikan dan informasi tentang Pemilu. RPP terbuka untuk masyarakat yang ingin mengetahui tentang Politik, Pemilu dan Demokrasi. 

“Selain pelajar, masyarakat umum lainnya juga boleh berkunjung ke sini. RPP Lawata bisa dikunjungi setiap hari kerja, dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore,” jelas Yety. 

Lanjutnya, Rumah Pintar Pemilu diharapkan mampu menjadikan masyarakat Kota Bima, terutama pelajar sebagai Segmen Pemilih Pemula menjadi pemilih yang cerdas dan melek Pemilu. Di sini pengunjung bisa belajar tentang sejarah Pemilu mulai dari Pemilu pertama tahun 1955 sampai dengan sekarang. Bisa belajar tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Wali Kota/Bupati dan Wakil Wali Kota/Wakil Bupati. 

“Pengunjung bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan menarik yang dibuat oleh Rumah Pintar Pemilu,” ujar Yety.

Terkait kehadiran Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima tersebut, Yety menuturkan, berdasarkan informasi yang ia peroleh dari Siswa/Siswi tersebut, bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis pada sekolah tersebut. Sehingga Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima ingin mendapatkan informasi dari penyelenggara Pemilu, terkait hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum hari Pemungutan Suara. 

“Seperti tahun sebelumnya, sebelum hari H pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis, Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima pasti akan berkunjungan ke RPP Lawata untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan,” tutup Yety.

Kunjungan dari Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima tersebut diakhiri dengan foto bersama di halaman Kantor KPU Kota Bima.

[akt.02]

Related

Politik 8804270649653994248

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Comments

Recent

item