Sukseskan Pemilu 2024 dengan Perkuat Sinergitas

Peserta Pengenalan dan Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) foto bersama usai kegiatan. Aktualita, MATARAM ...

Peserta Pengenalan dan Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) foto bersama usai kegiatan.

Aktualita, MATARAM - Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Republik Indonesia, Betty Epsilon Idroos mengajak KPU Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Barat untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, dengan memperkuat sinergitas internal, yakni komisioner dengan sekretariat. Betty juga mengingatkan, agar hubungan komunikasi antara komisioner dan sekretariat tetap terjaga dengan baik dan mencarikan solusi terhadap setiap persoalan dengan baik dan bijak. 

Hal itu disampaikan oleh Srikandi KPU RI, saat menghadiri penutupan kegiatan Pengenalan dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA), Jum’at malan (7/10/2022) bertempat di Hotel Lombok Raya. 

Lanjut Betty, saat ini jajaran Komisi Pemilihan Umum memiliki banyak pekerjaan rumah, yang harus diselesaikan. Sehingga perlu adanya Kerjasama yang baik untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Karena kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 merupakan cita-cita bersama, sehingga harus dimanfaatkan semua sistem informasi yang dimiliki dengan maksimal. 

“Kita bekerja benar saja, banyak yang fitnah, banyak tuduhan yang dituduhkan ke kita. Mari kita bentuk satu semangat bersama untuk melawan tuduhan dan fitnah-fitnah itu,” tegas Betty.

Pada kesempatan itu, Betty lebih banyak mengupas tentang Aplikasi SIAKBA. Dijelaskannya, Aplikasi SIAKBA merupakan aplikasi yang dihadirkan untuk menjawab dan mengurai persoalan terkait tidak adanya dokumentasi keanggotaan Badan Adhoc dari Pemilu ke Pemilu, mulai dari PPK, PPS hingga KPPS. “SIAKBA merupakan system informasi yang akan menyimpan dokumen anggota Badan Adhoc dari hulu hingga hilir,” ujarnya. 

Lanjut Betty, SIAKBA merupakan alat bantu, bukan alat satu-satunya yang digunakan dalam hal perekrutan Badan Adhoc. Karena harus diakui, masih banyak wilayah di Indonesia yang mengalami blankspot, sehingga perlu difasilitasi dengan cara offline bagi yang membutuhkan. 

“Harapan kami ke depan, setiap kabupaten/kota bisa menginventarisir titik mana saja di wilayah masing-masing yang masih mengalami blankspot,” tuturnya. 

SIAKBA merupakan Aplikasi dari DATIN, namun usernya adalah SDM. Uji coba terhadap aplikasi ini diakui Betty, akan dilakukan secara terus menerus, untuk mngetahui permasalahan dan kendala yang akan dihadapi pada saat aplikasi tersebut digunakan. Sehingga bisa dicarikan solusi diawal. 

“Semua system informasi dapat bekerja dengan baik, kalau pengguna gadget memanfaatkannya secara sehat, tidak sembarang menggunakan jaringan wi-fi. Uji coba yang terus menerus juga, sangat baik untuk mengetahui sejauh mana ketangguhan system tersebut,” tegasnya. 

Selain membahas SIAKBA, Betty juga menyinggung soal pemutakhiran data pemilih. Betty berterimakasih karena penyelesaian data padan sudah mencapai angka 100%. “Terimakasih atas Kerjasama dan kerja keras kita semua,” tutup Betty.

[akt.03]

Related

Politik 1083020962889713277

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item